GERMELAP KATA

29 November 2008 § Leave a comment

Tidak asing membicarakan kata. Berjuta-juta kata dari berbagai bahasa tercipta di dunia ini. Sebuah kata memiliki banyak arti. Baik atau buruk, benar atau salah, tergantung bagaimana kita meletakkan kata tersebut. Rangkaian kata tertulis seindah sealunan nada yang diciptakan. Indah dan menawan, begitulah aku menggambarkannya.

Sebut saja puisi. Salah satu bentuk rangkaian kata yang menjadi kegemaranku. Bebas, berekspersi mengiringi getaran hati. Menuliskan satu kata dengan banyak arti. Benak tidak terpikir menjadi sesuatu yang terpikirkna. Darimana suara hati dan akan kemana  ia beranjak pergi. Mungkin ini hanyalah salah satu bentuk diantara bentuk tulisan lainnya.

Sadar ataupun tidak sadar rangkaian kata membuat perubahan hidup begitu mendalam. Seratus delapan puluh derajat mempengaruhi pikiran ratusan orang yang membacanya. Pengaruh yang besar memberi kesukacitaan yang besar pula.

Bisa kita lihat sekarang bagaimana seorang penulis begitu berhati-hati dalam merangkai tulisannya. Baik tulisan yang sekedar keisengan belaka maupun tulisan yang memang ingin dirangkai. Setiap kata yang ditulis menjadi harapan yang tidak terucapkan. Harapan yang berubah menjadi kecemasan. Apakah si pembaca akan mengerti? Apakah tulisannya menjadi sesuatu yang berarti atau hanya menggumbar kekosongan belaka?

Germelap kata menjadi penghalang terbesar dalam mengkomunikasikan sesuatu. Apakah rangkaian kata yang tercipta memberi dampak posistif atau negatif? Ya atau tidak? Baik atau buruk? Sekarang menjadi pertanyaan bagi sang pencipta dan yang menikmati ciptaannya. Mengartikan setiap kata menjadi sebuah tempat pelabuhan atau hanya tempat berlalu.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading GERMELAP KATA at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: