HIDUP ITU SUSAH, MATI ITU GAMPANG

16 December 2008 § 1 Comment

Hidup hanya satu kali. Ya, inilah salah satu hal mengapa kita harus menghargai hidup. Ngomongin hidup ga akan pernah usai. Entah itu berkaitan dengan mimpi sampai hal yang berkaitan dengan khawatir, benci dan cinta. Banyak hal yang bisa di bicarakan mengenai hidup. Itulah sebabnya, kenapa gue suka banget ngomongin hidup. Mungkin merupakan salah satu bagian dari kesombongan bila membicarakan hidup ataupun mendengarkan mengenai hidup orang sekitar kita. Ya, banyak banget yang bisa diomongin. Apalagi mengenai seluk beluk kerumitan hidup.

Ibaratnya, hidup itu seperti puzzle. Ada tujuan akhir. Tapi untuk mencapainya harus menyatukan setiap kepingan yang berbeda-beda itu. Membutuhkan waktu. Ya, begitu juga dengan hidup. BUtuh waktu. Segalanya ada masanya. Entah itu baik atau buruk , tapi itu adalah bagian dari hidup. Setiap kali gue sangat tertarik terlibat dalam pembicaraan mengenai persahabatan, percintaan, ketakutan, kekhawatiran dan hal lainnya mengenai hidup. Dibandingkan membicarakan mengenai bertapa jahatnya dia, bertapa sombongnya dia, bertapa nyebelinnya dia dan lain-lainya alias gosip. Kenapa gue bisa tertarik dalam obrolan ini? Karena melibatkan kehidupan. Dan setiap detik yang dilalui adalah hidup.

Ada hal yang menarik setiap gue ngobrol sama orang-orang yang berbeda. Dari antara mereka, sangat mensyukuri hidup. Bahwa hidup itu harus kita syukuri dengan berbagai hal yang bisa kita terima dan akan setiap keputusan yang terjadi. Hari ini gue terlibat dalam obrolan mengenai hidup dengan teman baik gue, ferinda. Kita membicarakan bahwa memang banyak ketakutan dalam hidup. Tapi hidup itu adalah untuk menyelesaikan tugas. Bahwa Tuhan telah merencanakan hidup untuk kita yang terbaik.  Yang bisa kita lakukan adalah menjalaninya.

Kemarin, gue dan Ratna teman gue, juga membicarakan hal yang sama. Mengenai hidup. Kenapa kita harus menghargai hidup? Apakah mudah untuk menghargai hidup? Kita harus hidup karena memang Tuhan telah merencanakan ktia untuk ada dan terlibat didalam dunia ini dan untuk menghargai hidup itu susah. Karena seringkali kita  hanya berpikir bahwa kenikmatan kita dalam hidup adalah hal duniawi. Sehingga banyak orang yang terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak baik. Bukan mau maksud menghakimi, hanya saja gue berpikir bahwa memang ktia berada di dalam dunia, otomatis kita akan terlibat dalam keduniawian. Tetapi jangan biarkan hal duniawi itu mengontrol hidup kita yang otomatis akan membuat kita menyiakan hidup kita. Sebaiknya hidup kita lah yang menontrol hal duniawi.

Hidup itu rumit, mario Teguh pun berkata hal yang sama. Gue setuju dengan hal itu. Selama gue hidup dalam 365 hari dalam setahun, hanya beberapa hari aja hidup itu terlihat mudah. Sisanya, gue lalui dengan banyak hal yang rumit. entah karena sekitar gue yang membuat rumit atau diri gue sendiri yang merumitkannya. Ya, inilah hidup. Yang terpenting selama ktita hidup, ktia harus mau berjuang untuk kehidupan ini. Tidak hanya dalam perkataan dan pikiran begitu juga dalam perbuatan kita. Sama artinya iman tanpa perbuatan adalah mati.   Kalau ga susah, bukan hidup namanya. Alias mati. Karena untuk mati atau mengakhiri kehidupan itu gampang.

Ibaratnya, bangun rumah itu susah. Ribet deh dengan perencanaannya, duitnya, fondasinya dan lain halnya. Tetapi untuk ngancurin rumah itu, gampang banget. Tinggal pake mesin berat terus ancurin. segampang membalikkan telapak tangan.Ta pi apa mau kita mati dengan gampang? MAksud gue menyia-nyiakan hidup kita dengan mengakhirinya melalui kematian yang konyol. Entah dengan bunuh diri ataupun ngedrugs. IT’s not WORTHY! Ya, ga penting banget de.

Buat apa susah hidup, tapi kita dengan gampang mengakhirinya. NO WAY! Jangan sampe itu terjadi deh! RUgi banget. YA penting itu nikmati aja susahnya hidup. KArena setiap hal dari kehidupan itu adalah harta kita. MEngapa gue bisa bilang kayak gini? Karena hidup itu cuma sekali dan berapa banyakpun duit yang lu punya ga bakal bisa beli hidup. Hidup itu berharga. Apalagi di MATA TUHAN. So, meskipun hidup susah mati itu gampang,tapi hidup itu jauh lebih menyenangkan dari pada kematian yang gampang itu!!! jangan sia-siakan kehidupan ya!! ^^

§ One Response to HIDUP ITU SUSAH, MATI ITU GAMPANG

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading HIDUP ITU SUSAH, MATI ITU GAMPANG at Catatan Si Hijau.

meta

