RUMAH KITA

3 June 2009 § Leave a comment

Kenapa judul kali ini rumah kita? itu gara-gara kemaren ini pas saya baca blognya pandji pragiwaksono, yaitu seorang entertaiment, yang menjadi presenter dan rapper, di salah satu tulisannya, ada yang menceritakan bertapa dia cukup cinta sama INdonesia. Jadinya cukup tersentuh. Dan setelah saya merenung, memang sebagai warga INdonesia, saya harus bangga. Bukan bangga dengan apa yang terjadi tapi bangga karena punya rumah yang indah.

Jadi, ini tulisan yang saya buat pas tugas Bahasa Indonesia. Terinspirasi juga dari lagu RUMAH KITA. ITu lagu yang enak sekali di dengar. Dan menyentuh..halah..hehe. Ya intinya, bersyukurlah kita masih punya rumah besar sekali..JAdi makanya harus dijaga. Jangan terlalu sering menjelek-jelekkan yang terjadi di rumah kita, tapi kita harus berjuang untuk menjadikan rumah kita tetap kuat, bersatu dan indah. iya bukan begitu? Selain itu ya, indonesia punya juga kow sejarah yang hebat. Makanya kita harus tau juga tentang sejarah indonesia. Meskipun banyak yang hitam tapi pasti ada yang putih. Intinya belajar dari kesalahan untuk menjadi yang lebih baik…^^

Indonesia adalah Negara yang sangat besar dan kaya dengan hasil alamnya. Dari Sabang sampai Marauke, berjajar pulau-pulau. Warga Negara Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Bhineka Tunggal Ika merupakan salah satu semboyan bangsa Indonesia yang mempersatukan setiap perbedaan yang ada.

Sebuah lagu diciptakan oleh para musisi Indonesia dengan tujuan agar kita sebagai bangsa Indonesia bisa bangga untuk tinggal di Indonesia. Lagu itu berjudul Rumah Kita. Dalam lirik lagu itu dikatakan lebih baik disini rumah kita sendiri. Kenapa si penulis lagu mengatakan bahwa lebih baik disini , rumah kita sendiri? Karena di rumah kita semua inilah, kita bisa menikmati segala hasil dan kekayaan yang ada. Dan rumah kita ini adalah anugrah dari yang kuasa.

Kalau kita perhatikan sekeliling tempat tinggal kita, bangsa Indonesia itu memilik pemandangan alam yang sangat indah. Mungkin sebagian besar dari bangsa Indonesia, terlalu jenuh dengan keadaan perekonomian maupun social Negara ini. Tetapi bila kita sendiri tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki di Negara ini, bagaimana mungkin Negara kita bisa maju dan kita bisa menikmati semuanya? Karena itu, sebagai warga Negara Indonesia sebaiknya bisa mencintai tempat tinggal kita semua.

Memakai produk dalam negri, menjaga lingkungan, mempelajari sejarah bangsa Indonesia merupakan cara-cara yang bisa kita lakukan sebagai bukti bahwa kita bangga sebagai warga Negara Indonesia. Mulai dari hal yang simple seperti membayar pajak tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya supaya keindahan alam tetap terjaga dan hal-hal lain yang simple, bisa kita lakukan. Kenapa kita harus melakukan itu semua? Karena ini adalah rumah kita. Ibaratnya, kita memiliki sebuah tempat tinggal, pastinya kita akan membuat tempat tinggal kita itu senyaman mungkin. Kita pasti akan menjaga supaya rumah kita tetap indah dan nyaman. Sama dengan Negara Indonesia, yang telah menjadi rumah besar bagi kita, sebaiknya kita juga bisa melakukan hal yang sama.

Kalau kita bisa tinggal di rumah kita sendiri dengan nyaman, kita tidak mungkin tergiur untuk pergi meninggalkan rumha kita bukan? Ya, perlakukanlah hal yang sama pada Negara kita. Secara Negara Indonesia itu Negara yang indah dan beragam. Perbedaan boleh ada, tetapi bila perbedaan itu kita jadikan alat pemersatu, lebih baik kita menghargai perbedaan yang ada.

Perbedaan yang ada bukanlah batu sandungan untuk tetap tinggal di rumah kita yang nyaman. Setiap manusia memang tercipta dengan karakter yang berbeda dengan ajaran dan keyakinan yang berbeda. Bila dari perbedaan itu saja kita sudah saling membenci, kapan lagi kita bisa saling mencintai? Perbedaan itu adalah anugrah dari yang kuasa. Makanya berbanggalah kita dengan semua yang ada di dalam rumah kita.

Perpecahan yang timbul hanyalah akan merusak jalinan kasih yang telah terbentuk sejak Indonesia merdeka. Kita tidak lagi dalam keadaan perang. Kita sudah merdeka. Oleh karena itu, pertahankan kemerdekaan yang ktia miliki dengan bersikap sebagai warga Negara yang baik. Bukan bersikap untuk saling menguasai dan mengganggap diri kita paling benar. Kita semua itu sama-sama ciptaan sang mahakuasa, jadi buat apa kita saling merasa diri paling hebat? Kehebatan dan kesempurnaan itu jelas-jelas milik yang maha Kuasa bukan?

Bersyukurlah karena kita punya rumah yang besar dan indah. Rumah kita semua dan milik kita sendiri. Kita punya rumah yang kokoh dan memiliki beragam kebiasaan serta adat istiadat yang istimewa. Seperti kita punya batik sebagai hasil asli kerajinan kita sendiri. Kita punya rumah adat serta pakaian adat yang unik. Ya, kita semua memiliki keunikan dan keberagaman yang ada. Jadi, cintailah rumah kita dan bersyukurlah karena kita bisa terlahir di rumah kita sendiri. Tidak peduli permasalahan apa yang terjadi didalamnya, asalkan kita bersatu, rumah kita akan tetap berdiri tegak. Cintailah Indonesia!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading RUMAH KITA at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: