SALE

5 July 2009 § Leave a comment

Buat kebanyakan orang, ga cewe atau cowo, pasti akan tergiur bila SALE dimana-mana. Alias obral atau dapet potongan barang untuk barang-barang bermerek. Ya, seperti demam Midnight sale dimana-mana.Semua orang interested untuk dateng ke tempat tersebut berburu barang-barang yang diinginkan. Meskipun terkadang SALE itu menipu. Strategi marketing. Ada yang di sale karena udah cacat, atau di sale karena udah di naikkin dulu harganya, atau memang benar-benar di sale, tapi ga sebesar yang di bicarakan. Dan terkadang kita sebagai manusia hanya melihat, angkanya tapi ga ngeliat lagi tulisan di sampingnya. Misalnya up to 70% tapi yang kita liat cuma 70%nya aja, tanpa membaca up to nya.

Okey itu demam di beberapa musim di dunia ini. Musim sale sesuai dengan bulan dan musimnya yang pasti. Kalau di Indonesia saat ini, lagi SALE yang namanya JANJI, VISI MISI, KEHEBATAN, dll. Ya, secara bentar lagi akan ada pemilu. Ga mau nyela sapapun, gue rasa semua nya bisa jadi yang terbaik, asalkan SALEnya tidak menipu, alias isapan jempol belaka.

Sebagai anak muda Indonesia, dulu gue termasuk orang yang ga mau peka sama perkembangan Indonesia. Tapi semakin umur betambah, gue semakin bisa melihat beberapa orang yang begitu semangat untuk cinta sama INDONESIA. Untuk bangga sebagai orang Indonesia.( terinspirasi dari beberapa notes ko cece) Dan di situ gue sempat berpikir sejenak, bahwa janji yang ditawarkan ( yang lagi di SALE) itu bisa sekedar janji doank kalau kita sebagai warga Indonesia hanya meletakkan janji itu sebatas di situ doank. Sama kayak perkembangan TV di Indonesia, lagi sale program2 baru, tapi bisa aja program itu bisa jadi lebih dari sekedar program, kalau kita sebagai penontonya bisa memilah mana yang terbaik untuk di tonton. Dan bisa merubah arah pandang tv2 di Indonesia, untuk tidak mengejar kuantitas tapi lebih pada kualitas alias lebi bermanfaat daripada menguntungkan.

Balik lagi ke persoalan SALE yang lagi di gandrungi saat ini. Fenomena ini udah berlangsung sejak dulu. BErganti kepemimpinan dengan berganti jenis SALEnya, namun terkadang sering menipu. Inilah yang mungkin membuat sakit bangsa Indonesia, bahwa kita terlalu sering dan terbiasa di tipu oleh sale-salenya itu. Jadi, membuat persepsi bahwa sapa aja yang memimpin tidak akan merubah keadaan. Tapi ya kalau kita hanya menggantungkan harapan kita sama pemimpin kita aja, kita pasti akan jatuh. KEnapa kalau SALE yang ditawarkan itu, tidak juga kita lakukan? Istilahnya, kalau kita pemimpin menggumbar misi dan visi, tapi ga di dukung sama anak buah alias mereka hanya bergantung harapan yang tinggi pada pemimpin saja, gimana bisa menjalankan visi dan misi itu? Ngomong itu sumpah hal yang paling gampang untuk dilakukan. Kita bisa ngomong apa aja untuk mengobral janji, mengobral kata hati atau apapun, tapi kalau ga dilakukan apa jadinya? KEnapa kalau memang ingin memimpin, lakukan dulu sesuatu yang konkrit. Misalnya, ada hal program yang ingin dijalankan seperti memberantas kemiskinan, so lakukan dulu. Ga usah nunggu jadi pemimpin baru melakukannya. Kenapa ga pake uang yang udah ada, mungkin dana sendiri, untuk menjalankan program tersebut. Bertahap gitu. Apa emang susah? Kalau cuma menunggu jadi pemimpin, ya sama aja gambling, bisa atau ga nya. Iy kan? Dengan uang segalanya jadi mudah, sama mudahnya untuk membrantas kemiskinan, asalkan kita ga nimbun uang sendirian. Secara kita hidup itu saling membutuhkan bukan? Yang semakin kaya, bantu yang semakin miskin. Ga usah terlalu nyata, bisa dengan membangun sekolah gratis. KEnapa harus nunggu semuanya dari pemerintah? Kalau mau berubah, ya lakukan perubahan bersama-sama. Kenapa harus menunggu selagi bisa? ( mungkin emang sifat manusia ya..)

Gue belajar ya, untuk memimpin suatu hal itu susah, kalau tidak di dasari dengan hati dan tindakan konkrit. Sebagai manusia , kita hanya terbuai pada SALE terbesar di dunia yaitu KEPEMIMPINAN. Tapi ketika kita memimpin,semuanya itu ga mudah. Bisa aja jadi pemimpin yang di taktor,tapi apa jadinya kalau dibenci pengikutnya? Contoh hitler, memimpin tapi pengikutnya mencoba membunuhnya sampa 13 kali bohh. Untung aja selama ini kita ga punya pemimpin sekejam hitler, meskipun pernah demokrasi itu cuma sekedar janji. Tapi kita mulai bisa berubah. Kalau ada demokrasi, ada hukum. Tapi jangan sampe hukum itu cuma sekedar ajang mencari keuntungan doank. Hukum untuk dilanggar, sama aja buat apa ada pemimpin?

So, buat apa men SALE visi dan misi, serta saling mengecam satu sama lain, tapi kalau itu cuma akan membuat pengikutnya saling membenci. Ga ada yang hebat di dunia ini. Apa yang dilakukan manusia, itu bukan sepenuhnya kemampuan manusia. KArena ada SALE dari surga ( sang ilahi) yang menjanjikan sesuatu yang pasti untuk manusia. Percuma juga, punya pemimpin taat dan lain-lain, kalau cuma bermotivasi untuk dianggap hebat bukan? Memimpin itu sama juga bertindak. Apa yang kita lakukan, bisa menjadi gerakan untuk memimpin. Misalnya, sangat cinta sama Indonesia, lakukan sesuatu untuuk Indonesia. Bukan lakuin demo atau tindakan anarkis. Bisa kow kita tuangkan dengan membuat suatu prestasi berarti. Seperti bikin film bermutu, bikin lagu bermutu, bikin apapun yang menunjukkan kesungguhan bahwa emang kita cinta Indonesia.Meskipun ga gampang, tapi berjuanglah…berusaha…^^

Tapi sekarang ini, gue cukup mulai bisa melihat, bahwa sebenarnya dalam lubuk hati kita semua, kita sangat cinta sama INDONESIA. Bisa gue liat dari tindakan nyata, yaitu perfilman Indonesia. dimana mulai bermunculan film yang menyatakan AKU CINTA INDONESIA seperti GARUDA DI DADAKU, KING, CIN(T)A..Semoga akan muncul hal lainnya yang bermutu. Cuma tingkat kepedulian kitanya lah yang masih berkurang. Percuma kan kalau Indonesia maju, tapi peduliannya makin mundur. Buat apa ada PANCASILA, atau GARUDA atau BHINEKA TUNGGAL IKA, kalau kita ga saling peduli?

So, daripada tergiur pada sale-sale yang lagi booming, mening kita sama-sama do it something. Sebagai bukti bahwa memang kita cinta indonesia. Bersatu untuk menjadikan INDONESIA negaraku, dan merah putih akan terus berkibar.Dan memilih untuk pemilu nanti sesuai hati nurani, bukan godaan duniawi dan bisikan hati dari TUhan. Lakukan sesuatu juga setelah memilih.Hmm, apa ya yang bisa kita lakukan? BIkin film INDONESIA yang bermutu.Bantu berantas kemiskinan dengan mengurangi budaya konsumenrisme yang semakin tinggi. Hidup sederhana, dan SAY NO TO GENGSI! SAY NO TO KEHEBATAN! SAY I LOVE INDONESIA!!SAY I WANT DO IT SOMETHING FOR INDONESIA, AND I NEED YOUR HELP!! Tuhan itu ada low, tapi Dia bisa aja tidur, kalau kita mulai berjuang sendirian. So jangan biarin Dia tidur, biar kita bisa berjuang bersama denganNya. Kalau ga mau ada berita tentang bunuh diri, perampokan, kematian dan lain-lain, buat perubahan bersama TUHAN YANG MAHA ESA. Seperti sila pertama, KETUHANAN YANG MAHA ESA ^^

ps: cuma sekedar menuangkan pikiran di hari minggu. ga ada unsur sok tau atau apapun. Cuma nulis berdasarkan bisikan hati…^^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading SALE at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: