GOF IS DIRECTOR

22 August 2009 § 1 Comment

CIN(T)A adalah sebuah film indie yang mengangkat tentang ras dan agama yang ada di INdonesia. Kali ini gue kembali mereview film ini, secara ini film yang paling gue nantikan. Say sorry, dari triller ke film aslinya, jauh banget. Trillernya sangat mengguncang, tapi filmnya tdak semengguncang itu. Ada orang yang berkomentara ” film ini bukan untuk dinikmati tapi untuk direnungkan!” I really agree with that! Why? Karena setelah gue menonton film ini, gue kecewa,tapi sepanjang jalan gue coba merenungkan beberapa hal dari semua adegan dan dialog yang ada di film ini.Dan, setelah gue renungkan, cuma satu hal yang paling ingin disampaikan bahwa GOD IS A DIRECTOR AND GOD IS AN ARCHITEC.That’s so simple! ya, film ini hanya ingin menyampaikan hal yang sesimpel itu.

Okey gue akan mulai dari beberapa kekurangan film ini :

1. Soundnya, parah..ada beberapa kata2 yang kurang gue bisa denger, sampe2 temen di samping gue nanya mulu apa yg di katakan si pemain. Sayang banget, padahal dari konsep udah okey.

2. Adegannya ada beberapa yang mengganggu buat gue. Apalagi adegan terakhir waktu si cewe sama cowo ciuman dan pelukan di dinding untuk perpisahan, kurang greget menurut gue.

3. Kembali lagi, gue menyadari satu hal. Jangan terlalu expetasi yang tinggi terhadap satu hal. Gua agak kecewa dari ni film, tidak seprti yang gue bayangkan. Jadi, kalau mau nonton expetasikan biasa aja karena itu akan membuat film ini menjadi istimewa.

4. Gue bisa katakan kalau film ini agak boring apalagi buat orang-orang yang ga demen sama suatu hal yang berat dan agak filosofi. Jadinya, film ini agak ga jelas intinya untuk sebagian orang.

5. Film ini jadi nanggung karena apa yang mau disampein kurang ngena alias ga greget. JAdi tuh gue jadi argghhh…kenapa nanggung?? Jadnya mengesankan konsep film ini kurang mantap. Dan ga jelas maknanya, apalagi buat orang2 yang ga suka berpikir kan. Jadi memang ga bisa dinikmati oleh semua orang yang nonton nih film.

Kelebihan film ini :

1. GUe menghargai dan mengancungkan jempol buat sipembuat konsep nih film. Dia sudah berusaha mengangkat tema yang berat dengan sesimpel mungkin.

2. Film ini memang bukan untuk di nikmati tapi direnungkan. Mengenai keberadaan TUHAN dan perbedaan yang ada. BAhwa HE IS An ARCHITEC of all life. Mengenai perbedaan ras dan agama, kembali lagi kitalah yang bsia menentukan bagaimana memandang perbedaan itu. Dan satu pesan dari triller sampe film dan keseluruhannya adalah CINTA. Bahwa karena itulah TUHAN menciptakan CINTA supaya yang berbeda-beda itu bisa menjadi satu.

3. At least, ini bukan film sampah tapi film bermutu dibandingkan film INDONESIA lainnya seprti film HORROR dan berbau sex yang ga jelas. FIlm ini cukup berani membuat suatu ide cerita baru. Dari judul bahwa ini antara si CINA, TUHAN dan ANISSA. Dari beberapa simbol yang ditunjukkan, seperti gmbar muka dijari, semut, dan architec. Ini sebuah inovasi, cuma sayang kurang greget. TAPi idenya udah OKE buat gue.

4. Aktingnya bagus, untuk pemain pemula seperti sunny soon dan si annisa itu. Oke. Mereka bermain dengan sungguh-sungguh.

5. Lagunya agak tepat tapi ada bebrapa lagu yang cukup ngantuk ya.

6. Iini udah nunjukkin bahwa kita sebagai orang INDONESIA boleh berbangga bahwa kita bisa menunjukkan kita bisa bikin film berat, yang bikin kita mikir, kecewa , kesel dan pengen yang lebih. ITu yang gue rasakan, gue mikir, gue kesel , gue kecewa dan gue pengen lebih. Tapi gue suka dengan nih film. AT least, ini udah kembali lagi membangkitkan smengat kekreatifan kita dalam kita menyajikan sesuatu. Dan merenungkan kenyataan hidup. Ini cerita nyata yang mungkin terjadi.

7. Film ini bisa dinilai dari berbagai sudut pandang. Akan ada orang yang tidak suka karena dia memandang film ini datar, ada orang yang sangat suka karena dia bisa memaknai semua adegan dan inti dari nih film. tapi inilah yang membuat gue tidak kecewa. KArena dia bisa membuat kita keluar dengan berbagai ekspresi yang berbeda.

Intinya, gue suka ni film karena ini film udah buat gue penasaran, buat gue kecewa dan buat gue merenung tentang apa yang ingin di sampaikan. Bahwa manusia mungkin bisa berkehendak, tapi dibalik semua kehendak manusia, TUHAN paling menentukan.

So, saran gue, waktu nonton nih film, berandai biasa saja, tapi percaya film ini istimewa meskipun tidak sempurna. ITulah mengapa dikatakan bahwa kesempurnaan hanya milik TUHAN. Bahwa yang sempurna itu hanyalah TUHAN yang lain tidaklah sempurna punya kekurangan dan kelebihan.

Penting atau ga penting ni film tergantung darimana kita memandang. TApi buat gue ini film cukup penting untuk ada di INDONESIA! cuma karena tema dan pesan moral yang paling ingin disampaikan dan untuk direnungkan kita semua. ^^

Pesen gue, nonton aja nih film karena ga akan rugi hanya saja ini film agak berat jadi siap2 kecewa kalu ga dapet makna yang penting yang ingin disampaikannya. ^^

§ One Response to GOF IS DIRECTOR

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading GOF IS DIRECTOR at Catatan Si Hijau.

meta

