INGINKAN BEBAS

28 August 2009 § Leave a comment

Your note has been created.

CATATAN SI HIJAU-AKU INGIN BEBAS
Share
Today at 9:43pm | Edit Note | Delete
Bhineka tunggal ika adalah semangat bagi bangsa Indonesia yang memiliki perbedaan tapi tetap ingin bersatu.Namun apakah semangat ini cuma perkataan atau ingatan belaka? Bukankah tanpa perbuatan sama juga dengan sia-sia?

Aku tidak ingin menyalahkan siapapun, tapi aku hanya ingin berkata sebagai orang yang mencita-citakan kebebasan melebihi apapun. Penjara yang paling dekat dengan kita adalah keluarga. Secara internal keluarga, minimal satu keluarga memiliki 2 orang anak. Dan ketika anaknya tumbuh dewasa, adakah pemikiran dari orang tua untuk memberikan kebebasan pada anaknya? Dari segi perbedaan siapa yang terlahir duluan dan terakhi serta dengan siapa dia bergaul hingga tujuan hidupnya. Apalagi kita hidup di dalam lingkungan yang memiliki perbedaan yang banyak.

Bangsa Indonesia bisa bersatu bila semangat BHINEKA TUNGGAL IKA ini di hidupkan didalam setiap hati anak-anak yang menjadi bagian dari keluarga besar bangsa INDONESIA ini. Bila sejak kecil kita diajarkan untuk membeda-bedakan satu sama lain , entah dari segi ras maupun agama, bagaimana kita bisa bertumbuh menjadi bangsa yang bersatu? Bila ketika kita bertumbuh dewasa kita di perintahkan untuk memilih2 teman, entah yang se ras atau se agama, bagaimana kita bisa bertumbuh menjadi bangsa yang bersatu?

Seorang anak sejak dilahirkan di suatu tempat ( dalam artian negara ) dia telah menjadi bagian dari tempat itu. Anak bukanlah boneka bagi para orang tuanya. Bukan karena aku membenci orang tuaku tapi aku hanya ingin bebas. Bebas menentukan serta bebas memilih dan bebas untuk disayang. Memang anak itu masih menggantungkan hidupnya pada orang tua, tapi bukan berarti orang tua bisa berbuat seenaknya pada anak. Tidak bermaksud menyudutkan sosok orang tua, hanya saja aku ingin bersuara sebagai seorang anak yang ingin bebas. ( terlepas dari sifat manja atau apapun itu )

Bebas dalam arti aku ingin menentukan sendiri siapa temen ku, even dia berbeda ras maupun agama dengan ku. Bebas dalam arti aku ingin menentukan mimpiku sendiri, even itu tidak menghasilkan uang banyak tapi bisa membuatku bebas. Bebas dalam arti aku ingin mendapatkan dukungan, even itu hanya ucapan kata ” bagus” maupun ” selamat”. Bebas dalam artian aku bisa tetap mencintai semangat Bhineka tunggal ika,dan mencintai tanah airku, even negara ini sudah membuat luka pada masa hidup mereka dulu.

Bukan berartikan kita harus membenci bangsa kita? Yang aku inginkan hanyalah kebebasan untuk berpikir secara modern dibandingkan harus tetap berpikir secara konvesional menurut kehidupan orang tua dulu. Kenapa? cuma satu kalau kita terus berpikir konvesional , kapan kita bisa maju? Kalau kita masih hidup di jaman siti nurbaya, kapan ide-ide gila dan kreatif kita bisa kita tuangkan? Kalau kita hidup di jaman perang terus, kapan kita bisa merasakan kebebasan?

Tugas kita memang bukan berperang melawan jepang ataupun belanda. Tapi tugas kita adalah meneruskan semangat perjuangan para veteran dulu. Apakah kita harus berperang dulu baru bisa bersatu? Rasanya tanpa perang kita bisa bersatu apalagi sejak kecil sudah disuruh menghafalkan arti BHINEKA TUNGGAL IKA. Sekarang saatnya kebebasan kita untuk berjuang dengan semangat itu atau hanya duduk manis tapi ketinggalan semuanya. Bukan bermaksud ingin melawan perkataan orang tua, tetapi hanya ingin diberikan kebebasan dan kepercayaan bahwa semua bisa menjadi manusia yang hidup dan berjuang mencapai mimpinya bila mereka berpikir sesuai masa.

Saat ini, aku masih butuh orang tua. Tetapi aku butuh mereka bisa mendukung apa yang aku lakukan dan berikan aku kebebasan untuk menentukan hidupku sendiri. AKu sangat menghormati orang tuaku. Dan yang aku tuliskan ini hanyalah ungkapan perasaan seorang anak yang merindukan kebebasan untuk hidup dan mencari passion dalam hidupnya yang sangat amat membutuhkan dukungan keluarga untuk mencapai impiannya. ^^

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading INGINKAN BEBAS at Catatan Si Hijau.

meta

