KELUARGAKU INDONESIA

28 August 2009 § Leave a comment

Indonesia adalah nama keluargaku. Ia di lebih dikenal sebagai sebuah negara yang cukup besar. Sejak abad ke 17, lama sebelum aku terlahir dia sudah ada. Dia menjadi buyutku. Aku adalah generasi ke sekian yang menjadi cucunya. Di memiliki 5 anak besar yang sering disebut sebagai kepulauan, yang setiap pulaunya memiliki lagi banyak anak.

Seperti motto sejak jaman dahulu, banyak anak banyak rejeki, inilah yang dilakukan olehnya. Sejak dulu ia berjuang untuk menjadikan keluarganya hidup dan dikenal oleh dunia. Banyak masalah yang terjadi sepanjang sejarahnya. Antara lain penjajahan yang dilakukan oleh kolonel belanda hingga penjajahan yang dilakukan oleh Jepang hingga akhirnya ia berhasil melalui perjuangan panjang pada tanggal 17 agustus 1945.

Bercucuran keringat dan air mata disertai tumpah darah, ia berjuang untuk tetap hidup. Dia mengajarkan pada anaknya mengenai semangat persatuan. Di katakannya bahwa, dengan bersatu kita akan teguh namun perceraian akan membuat kita runtuh. Sejak dulu, semangatnya adalah ingin agar anak-anaknya bersatu padu untuk hidup bersama.Dengan merah putih, ia menghidupkan semangat perjuangan. Dia berkata, ” merah menjadi tumpah darahku dan putih adalah semangatku.” Yang artinya, merah adalah keberanian untuk berjuang dan putih adalah semangat pantang menyerahku.

Dia tidak pernah mati bagiku. Ketika aku terlahir di dunia, aku diberinya sebuah nama. Untuk nama belakangku yang paling besar. Aku sebagai INDONESIA. Bahwa, aku adalah anak cucunya yang kesekian yang diijinkannya untuk hidup.

Nama keluargaku cukup besar untuk aku pakai. Karena kemanapun aku berada, mereka akan beratanya, darimana aku. Dan aku hanya bisa menjawab dari INDONESIA. Bahwa INDONESIA adalah keluargaku. Dia lebih dari sekedar tempat dihatiku. Mungkin, bagi beberapa anak-anaknya, tidak mencintai indonesia sebagai keluarganya. Mereka lebih mencintai menyandang nama keluarga lain selain INDONESIA. Dan mereka hanya berpikir bahwa bukan Indonesia yang membuatnya hidup, tapi keluarga lainlah yang membuat nya ada.

Namun, saudaraku lainnya, tetap menyandang nama INDONESIA di nama belakangnya. Karena ia mencintai keluarganya. Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, ia ingin berjuang untuk keluarganya yaitu INDONESIA.

Meskipun INDONESIA begitu besar, sehingga banyak perbedaan, dia selalu berkata bahwa, meskipun berbeda-beda namun tetap satu juga. Bahwa semangat yang paling besar diantara perjalanan panjangnya untuk hidup hingga saat ini adalah berjuang untuk bersatu dan berjuang untuk tetap mencintai. Karena dimanapun kita berada, INDONESIA akan tetap menjadi harum namanya. Karena meskipun keluargaku dicaci, ia tetap berjuang.

Ketika berada di luar, mereka akan bertanya : darimana asalmu? ( where are you from?) Tentu INDONESIA akan disebut. Bahwa dia adalah tempat dimana dilahirkannya anak-anak yang berjiwa Indonesia. Tidak peduli darimanakah asal ras, agama atau apapun asalnya. Namun yang akan didengarnya adalah asal negara. Yaitu Indonesia. Bangga kah kau dengan keluargamu? ( diluar segala kekurangan yang ada) Bahwa mereka mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki keindahan yang amat nyata. Dan sejarah perjuangan yang begitu besar. Bahwa INDONESIA adalah nama keluarga kita semua yang kita sandang dimanapun kita berada.

Ya, keluargaku, Indonesia. Bila kau mencintai Indonesia, cantumkan nama kota kau lahir dan nama INDONESIA sebagai nama belakang keluargamu yang akan kau perkenalkan pada dunia. Bahwa kau telah menjadi keluarga INDONESIA dan tetap ingin menjadikan INDONESIA rumahmu…^^

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading KELUARGAKU INDONESIA at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: