Cerita Aku di dunia Twitter

27 September 2011 § Leave a comment

Sudah lama aku tidak bercerita sebagai aku.  :) Ya aku mau cerita kali ini tentang aku. Belakangan ini ada sesuatu yang menarik perhatianku. Bagaimana dunia maya semakin terlihat nyata. Mengapa? Lihat saja, bukan hanya sekali ada masalah terjadi di Facebook atau Twitter. Dan bukan hanya sekali keajaiban terjadi dari kedua sosial media tersebut. Ya, namanya teknologi, tidak bisa dipungkiri kalau dia selalu saja berkembang dan selalu membuat kita harus lebih berhati-hati lagi.

Kenapa aku bilang harus berhati-hati? Karena dia bisa menusuk lebih sakit daripada dunia yang nyata. Kalau di dunia nyata pisau bisa aja nusuk tangan kita dan berdarah. Kalau di dunia maya, mungkin tidak sampai seperti itu, tapi mata dan kuping kita yang “berdarah”. Ah, lupakan. ;p

Buat aku twitter adalah keajaiban. Kali ini aku ga mau ceritain siapapun selain diriku di dunia twitter.🙂 *jadi egois* Kita bisa petik banyak pelajaran dari dunia maya bernama twitter. Kenapa sih mereka menciptakan twitter? Itu yang masih membuat aku bertanya-tanya meski ada banyak jawaban. Dan lebih lagi, mengapa sih mereka suka banget ngetweet? Termasuk diri saya. Hmm, kalau saya pribadi, dunia twitter menemukan saya pada dunia nyata yang menakutkan. Okey, agak ambigu ya. Begini, jujur, karena twitter, saya punya banyak temen dan dapat KERJAAN! : ) Ya, itu beneran loh.. dulu gue bermimpi ih enak kali yah kenalan atau jadi temen orang famous, then, di twitter gue kenalan bahkan jadi temen orang famous! that’s why i said twitter is miracle for me.  :)

Kalau mau liat buruknya, ya banyak. Karena terkadang kalau lagi ga ada kerjaan, kita suka ga mikir, terus ngetweet aja asal-asalan. Meskipun followers kita sedikit, terkadang justru gara-gara tweet , kita berada di ujung “jurang”. haha.. Anyway, dari beberapa kejadian yang heboh di dunia twitter, gue hanya bisa petik beberapa hal dibawah ini. Menurut gue pribadi ya. *dari aku jadi gue deh* :

1. hati-hati dalam mentweet sesuatu apalagi di arena yang sensitif. dunia nyata aja sudah kejam bung apalagi dunia maya?🙂

2. Hati-hati berpendapat. Sekali kau ngetweet, susah sekali dihapus. itu terjadi sama gue berkali-kali. Gue ga sengaja atau sengaja ngetweet n mention ke orang, eh udah gue apus, tapi ternyata tetap masuk ke timeline orang tersebut.

3. Hati-hati saat lagi emosi dan ngetweet. MUngkin kita ga lagi sedih atau patah hati, tapi, terkadang orang yang baca bisa mengartikan berbeda dari apa yang kita maksud. *ini juga sudah terjadi sering kali sama gue* ibaratnya lu ga sengaja ngebalas email pakai CAPS CLOCK akhirnya orang yang baca mengira lu marah. Lumrah kan? sebenernya sih ga marah.🙂

Makanya  gue selalu ngetweet atau nulis email atau apapun didunia maya diakhiri dengan🙂 meski gue mungkin kesel atau bete, tapi dia adalah topeng di dunia maya.  *oopss ketahuan dehh… :)) ya, itu wajar kalau ada orang yang salah mengartikan pendapat kita. dunia ini bebas berpendapatkan? :))

Anyway, saya termasuk cinta damai di dunia nyata maupun maya. So, ini lah nilai yang gue petik dari pelajaran kuliah gue dulu *broadcasting berhubungan dengan media massa* dan gue ga salah ambil jurusan itu! Okay, memang gue kerja di bagian markom, but ilmu broadcasting tetap bisa gue terapkan! perhitungan gue benar! *loh curhat…🙂 Jadi gini, dunia massa itu bergerak sangat cepat. dalam hitungan detik aja, berita bisa dengan mudah tersebar kemana-mana. Nah, apalagi dengan dunia maya? Sekali ngetweet, mungkin 50 orang baca, terus bisa berkembang menjadi 100 orang lalu 1000 orang dan akhrinya semua orang bisa baca. Teknologi di buat untuk memberi kemudahan, tapi yang namanya manusia, semakin mudah  maka semakin sombong makanya sering kali ada aja yang salah mengartikan teknologi dan menggunakannya buat yang gak-gak. Ya, ga usah di tutupi lagi hampir tiap hari pasti ada aja kasus yang berhubungan dengan dunia maya. Dan dunia maya sama nyata itu hanya setipis benang. Kita harus sadar, perkataan kita yang tertulis di atas komputermu *let say twitter or blog or facebook or dunia maya lainnya* bisa dengan mudah dibaca oleh semua orang. Makany, hati-hati itu harus kudu dilakukan. Crime terjadi dimana saja dan  kapan saja. Kalau mau jujur, jujurlah pada semua dunia. Kemanapun lu berlari, ya u ga bisa nutupin namanya kebenaran kan?😉

So, memang twitter dan facebook masih jadi trend. Meski ada banyak social media lainnya, tapi twitter dan facebook ibarat raja dan ratu di dunia maya. Jadi, hati-hati lah sama raja dan ratu. Bisa saja sekali kau berbuat salah, hukumanmu berat.🙂

Buat aku sih, dunia twitter itu menyenangkan. Berita cepat masuk! kayak berita Agmon masuk nominasi? gue tahu dari twitter. waktu gempa di Jepang? gue tahu dari twitter. Dan itulah kegunaan twitter buat gue. Nyari informasi, nyari teman, nyari komunitas, nyari hal baru. Bukan membaca pertengkaran, sindir menyindir, kekecewaan atau apapunlah itu..🙂 Kalau u mau di dunia nyata itu terasa damai, coba deh u belajar di dunia maya dulu. Kalau u bisa berdamai di dalamnya, mungkin u bisa merasakan damai yang sesungguhnya di dunia nyata.

Menghargai itu adalah pelajaran terpenting di dunia manapun, termasuk twitterkan?🙂

*kayaknya gue korban trend.. hahah.. Anyway, di peluang kali ini hanya ingin share kenyataan tentang gue di dunia twitter. dan kenyataan loh!! 2 kali dapat kerja dari twitter, dan dapet banyak komunitas penulis yang keren dan ketemu bloggers LN dari twitter juga. Coba deh PAKAILAH HIDUPMU DENGAN BIJAK Baik di dunia nyata maupun maya.🙂 Dunia ini indah bung! Sayang kalau disia-siakan hanya untuk sesuatu yang negative kan.  :))
Don’t judge a people frow what they wrote! mungkin mereka hanya ingin berpendapat. 🙂

Cheers!!
Sihijau

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Cerita Aku di dunia Twitter at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: