Saya Tahu Siapa Saya

2 April 2012 § Leave a comment

I know who i am.. I know who i am.. I’m Yours.. I’m Yours..

Hampir 93 hari saya berjalan di tahun 2012. Saya teringat, dulu sebelum tahun baru tepatnya sebelum tanggal 31 Desember 2011, saya mengalami ketakutan yang akut. Kalau ada perang, itu terjadi dalam pikiran saya. Bertapa saya terlihat sebagai seorang pengecut yang tidak ingin tahun berganti. Namun, terang selalu menghampiri kegelapan bukan? Saya mencoba menciptakan mimpi-mimpi baru di tahun 2012 yang terlihat menakutkan itu. Kemudian, Bammm… seperti ledakan tahun 2012 masuk.

Banyak hal aneh yang saya alami dari awal tahun hingga hari ini. Dan membuat saya merasa yakin, saya bisa hidup lebih berkualitas dari tahun lalu. Dimulai dari perkenalan saya dengan seorang pria, dimana seakan dia memuji saya dan mimpi saya yang pernah saya tuliskan seakan terkabul. 31 Desember 2011 bertemu dengan dia. Aneh, tapi itu terjadi, Tuhan tahu. Semua terlihat indah. Sejak awal, saya mendengar hati saya berkata, ” dia akan jadi pacar” dan itu terjadi. lalu perkataan lainnya yang jujur menimbulkan keresahan teramat besar adalah bahwa, ” Dia adalah pacar sementara”. Ledakan pertama terjadi! Saya patah hati! But, what’s wrong with a broken heart? I will tell you, what i choose now!

Di hari ke 93 ini, saya menyadari hari-hari yang saya laluin ini memang seperti kotak pandora baru. Tidak terduga, ada sakit, ada tawa, namun selalu ada HARAPAN. Dan satu hal yang saya yakini, semua yang terjadi bukan karena kebetulan. Karena memang begitu apa adanya.Tuhan mengabulkan doaku, sekaligus Tuhan memperingatkan aku. Inilah yang aku renungankan :

1. Cinta. Bagaimana rasa cinta itu? Indah. Namun ada 2 pilihan tentang cinta. Hanya untuk mencinta atau untuk dicinta dan mencinta.  Tidak ada yang salah dengan mencinta karena cinta yang tulus terkadang harus rela untuk tidak memilikinya. Apapun cinta itu, dia tetap akan meninggalkan kenangan yang paling indah dan membekas. Dalam hal sebuah “hubungan” cinta tidak hanya sebuah pernyataan, tidak hanya sebuah sentuhan atau ciuman. Namun lebih dari itu. Bila hanya sepihak yang menginginkannya? Cinta akan layu. Bila sepihak lain hanya memanfaatkan untuk dibelai, cintapun akan layu. So, aku belajar, bahwa cinta yang tulus adalah ketika kau bisa mencintai dan dicintai dengan sepenuh hati. Kalau ada cacat sedikit dalam dirinya, kau akan tetap mencintai dia apa adanya. Dan aku percaya bahwa ada cinta itu untuk diriku. Aku percaya, karena aku rindu cinta dan memberikannya dengan tulus kepada seseorang yang memang aku yakini dia adalah belahan jiwaku tanpa keraguan. Tuhan tahu siapa dia, dan aku sedang menunggu dia menemukan aku.  I will update my fairy tale..🙂

2. Pikiran. Bermain dengan pikiran. Ya, ditahun ini aku semakin menyadari, ternyata aku hanya menghindar dari sifat “Negative Think”  yang sudah aku sadari bahwa aku memilikinya sejak SD. Sekarang? Tidak ada langkah untuk menghindarinya namun harus menghadapinya. Di tahun ini, lebih dari 3 kali dan lebih dari 3 orang mendorong aku untuk belajar ” Positive Think” karena dari hal yang positive itu, akan terlihat aura positive, dan hidup akan terasa ringan. Dan aku bertaruh dengan salah satu dari mereka yang mengkritik aku itu, bahwa aku akan tetap positive think sampai 6 April 2012 nanti. But, honestly, sometimes secara tidak sadar, pikiran  negative itu tetap ada. Namun, sekarang lebih mudah bagiku untuk menghadapinya. Kecemasan tidak hilang 100 persen , namun berkurang dan terus berkurang. Ketakutan tidak hilang 100 persen, namun aku percaya semakin berkurang. Kalau berpikir, juga harus pintar, harus bisa di prioritaskan, biar ga tercampur-campur semuanya.. Don’t be PANIC! Everything will be okay!🙂

3.Mimpi. Ini hal yang sudah sering dibahas di blog ini. Seberapa sering saya berkata tentang mimpi? Rasanya sangat sering. Saking seringnya, mimpi besar saya belum terwujud namun mimpi-mimpi kecil saya sering sekali terwujud. Thank God, Right? Dream is a dream. Mimpii besar atau kecil, itu tetaplah mimpi. Bila terwujud, Bersyukurlah! Bila belum, teruslah berjuang! Simple right? Yes, se-simple itu kita bermimpi, namun seribet itu juga kita mewujudkannya. Yang sering terjadi antara mimpi dan perjuangan adalah perbandingan terbalik. Dimana kita lebih sering gagal sebelum memulai atau sengaja melupakan karena udah pesimis dulu. Yang benar adalah,  Lakukan terlebih dahulu, lalu sharingkan kemudian. Lagi, temanku mengatakan ini untuk kesekian kalinya. Bahwa Ketika bermimpi, kita harus mau berkorban. Uang, waktu, pikiran, GENGSI terutama, harus kita korbankan. Do what you wanna do it! as simple like that! Untuk hasil? Lihat nanti. Karena yang penting itu PROSES. Lagi, seorang petani, waktu mau buat beras harus mencangkul tanah dulu, harus nanam bibit dulu, siramin terus akhirnya akan tumbuh, jadilah padi, kemudian disiami, jadilah beras. So, Gimana memulai mewujudkan mimpi kita? Ya dengan memulai dari bibitnya dulu. lalu, siramin terus rawat, dan akhirnya akan tumbuh subur. Dan jangan terlalu puas dengan hasilnya, karena terkadang hasil hanya akan memagari kita untuk merawatnya. Namun, teruslah rawat dengan rendah hati.

4. Rendah Hati.  Dalam hidup, ada yang namanya Tuhan. dan aku percaya dengan Tuhanku. Kenapa? Karena Dia buat aku hidup hingga hari ini. Saya penganut agama Katholik. Saya percaya atas yang namanya doa dan kerendahan hati. Ini sebuah kisah nyata, yang jujur saya alami dan kayaknya susah untuk dilupakan. Bukan trauma, tapi justru inilah yang mengingatkan saya bahwa saya dicintai oleh TUhan. Kisahnya dulu waktu saya SD, saya pernah dimusuhi satu kelas. Bayangkan, hanya karena seorang teman saya yang sangat berpengaruh, dia mengajak teman-temannya untuk memusuhi saya. lalu, saya berdoa buat dia setiap malam. Saya menjalani hidup dengan mengalah, rendah hati. dan doa saya terkabul. teman saya minta maaf, dan saya berteman dengan dia. Dan perubahan demi perubahan terjadi. Sekarang, saya punya banyak teman. Dan, di awal tahun ini, saya kembali diingatkan tentang rendah hati. Bahwa terkadang, ketika semua terlihat indah, hal yang terlupakan adalah rendah hati. akhirnya kita jadi sombong dan egois. Tuhan mengajarkan, cintailah sesamamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri. Tuhan udah sayang sama kita, masa saat akhirnya kita dipanggil pulang, kita tidak menyayangi sesama kita? Bukankah itu tugas kita di dunia ini? untuk mencintai dengan rendah hati.

5. BERSYUKUR! BERSYUKUR! BERSYUKUR! yap, siapa yang tidak pernah iri hati? Aku rasa, rumput tetangga selalu lebih hijau, sehingga kita sering lupa untuk menghijaukan rumput sendiri. Ya, Tuhan lagi-lagi mengingatkan saya untuk bersyukur. Lihat mama, lihat papa, lihat kakak-kakakku. Satu lingkaran keluarga yang tidak sempurna? Namun BERSYUKUR aku berada di dalam keluarga yang tidak sempurna itu. Lihat tubuhku, seorang wanita bertubuh mungil, punya senyuman yang selalu membawa keceriaan, punya keinginan untuk jadi penulis, punya banyak teman, punya mimpi, dan itulah aku! BERSYUKURlah, karena kau ada di dunia ini yang bukan karena suatu kebetulan. Tuhan sudah berikan kesempatan untuk kita hidup di dunia ini. Untuk apa? Untuk menyelesaikan tugas kita.

SO, that’s my 5 biggest things yang i #JustRealize is what i learn. Ada yang namanya kesedihan, ada yang namanya takut, ada yang namanya khawatir, ada yang namanya senyuman,ada yang namanya bahagia, dan semua itu ada sewajar dan sebagaimananya itu ada. So, that’s normal, if someday we think we are not good.  But jangan terlarut dalam semuanya itu. Karena selama masih ada sisa waktu memperbaiki, perbaiki

Kritiklah aku maka aku hidup, pujilah aku maka aku mati.


Entah datang darimana bisikan kata-kata diatas, namun, karenanya saya ingin menulis tentang hal ini. Saya akui, hal yang paling saya suka adalah pujian. Namun, pujian sering mematikan saya. Dalam arti, saya larut dalam pujian dan akhirnya saya melupakan hal lainnya seperti rendah hati. Berbeda ketika saya dikritik, saya merasa hidup, artinya masih banyak yang “Cacat” dalam perjalanan saya yang akhirnya saya harus perbaiki.

Mungkin inilah alasan mengapa hampir banyak orang bilang ” Jangan takut dikritik! Celaan itu pelajaran paling berharga! Salah itu luar biasa! “ yap, itu benar. Berapa banyak orang yang sukses karena dikritik dan di rendahkan? Banyak. Thomas Alfa Edison, sebelum akhirnya dia bisa menemukan lampu dia dihina banyak orang. Dan lihat penemu-penemu lainnya.

Ya, bukan berarti kita harus hidup dalam kritikan setiap hari tanpa pujian. Benar, kita manusia yang haus pujian. Namun, hati-hati pujian itu akan mendekatkan kita pada “mati” yang artinya bila kita terhanyut, kita bisa menjadi sombong dan merasa paling hebat.

Jadilah orang yang haus mau belajar dari setiap kritikan. Karena itulah yang akan membuat kita melihat hidup lebih hidup. Yang penting bukan TINGGINYA PUJIAN ATAS HIDUP KITA. Namun. lebih dari bagaimana kita hidup, kita bersyukur dan rendah hati. Hidup dalam cinta, hidup dalam proses. Kembali lagi, hasil adalah point terakhir dalam hidup ini. PROSES adalah yang paling utama. Itulah yang Tuhan inginkan dalam hidup kita.

Setiap tetes air mata kita, Tuhan tahu bahwa kita berjuang. Setiap goresan senyum kita, Tuhan tahu bahwa kita bahagia.

DO THE BEST, LET’S GOD DO THE REST! That’s life! Simple life!🙂

 

Everything Happens for SOME REASON! It’s good or bad, it always have a wisdoms over there.. Baik buruk yang terjadi, selalu ada nilai yang berharga dan itu adalah hadiah dari Tuhan.🙂

Tagged: , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Saya Tahu Siapa Saya at Catatan Si Hijau.

meta

