5 Menit itu Berharga

13 December 2012 § Leave a comment

Well, disela waktu kerja, tergiur untuk menuliskan bertapa berharganya waktu itu. But no hurt feelings  ya, buat yang baca tweet saya kemarin. Saya memang termasuk ga suka sama orang telat, that’s it! Jadi itu cuma teguran aja sigh buat saya. Bukan berarti saya ga pernah telat ya! saya pernah telat sampai 2jam, gara-gara macet dijalan, rasanya membiarkan orang menunggu itu, ga enak banget! sama ga enaknya kayak lagi nunggu orang. Ya, mungkin itu namanya hukum tabur tuai. At least, ketika mau telat, bilanglah sama orang yang menunggumu bahwa kamu akan datang telat. That’s the simple RESPECT about time! 

Hal pertama sudah saya ungkapkan. Ternyata tabur tuai itu berlaku pada waktu juga kan? Hal kedua adalah tentang respect! Satu hal yang perlu disadari yaitu tentang menghargai waktu. Tahu ga, kalau kamu terlambat 5 menit saat menunggu di halte bus, akibatnya kamu akan ketinggalan bus. nah, untuk menunggu bus berikutnya kamu perlu waktu 45 menit lagi. Sampai waktu tiba kamu di rumah jadi terlambat hampir 1 jam. Mengapa? Karena kamu telat datang ke halte bus. Sama dengan halnya ketika kamu membiarkan orang menunggu, walau hanya 5 menit karena kepentingan pribadimu. Akhirnya, waktu dia terbuang.

5 menit itu berharga seperti 1 jam. Apa yang bisa kamu lakukan dengan waktu 5 menit? Banyak. Saya, menulis post ini. Mungkin tidur 5 menit cukup menyegarkan badan. Baca artikel selama 5 menit, menambah segudang pengetahuan. Gambar dalam waktu 5 menit, bisa menghasilkan satu mimik wajah. Jalan 5 menit bisa menambah kesehatan pada tubuh. Lihat, 5 menit berharga bukan? So, if you Respect other time, you can respect your own time to. Win-win!

Saya rasa tidak ada orang yang suka telat. Kalau ada, ya mungkin karena mereka membiasakan diri telat! Bukan karena ga bisa tepat waktu, tapi tidak mau belajar tepat waktu. Sama ketika kamu menunda sesuatu. ‘Jangan Menunda yang bisa ditunda,’ ini quotes saya sejak sekolah dulu. Kenapa? Sekali kamu menunda, meski hanya 5 menit, kamu akan kehilangan 5 menit waktu untuk menyelesaikan. Sayangkan? Hidup santai itu bukan berarti hidup menyia-nyiakan waktu yang berjalan.

So, menjelang tahun 2013, waktu itu berjalan sangat cepat loh! Coba ya bayangkan, kalau sehari saja kamu sia-siakan waktumu untuk hal yang ga berguna, maka perjalanan mimpimu akan berhenti sejenak. 5 menit berhenti, akan tertunda 45 menit. Jadi, berapa banyak waktu yang sudah kamu sia-siakan untuk excuse mu itu? Menghargai waktu, sama halnya dengan menghargai hidup kok! Tidak susah!🙂

So, tulisan ini hanya ungkapan hatiku saja. Kejadian menunggu waktu meeting itu, terlalu sering terjadi dalam hidupku,. Tidak hanya satu atau dua orang, bahkan sejak SD. Mungkin saya terbiasa menunggu 30 menit lebih awal, sehingga saya jadi malas telat. Nah, kalau saya aja bisa membiasakan diri datang tepat waktu, kenapa kamu tidak bisa?

Macet , atau ada urusan mendadak, tahu tidak itu alasan klise untuk orang telat! Dimaafkan? Ya, kalau saya akan memaklumi karena terbiasa dengan jam karet orang Indonesia. Tapi, bukan berarti saya berhenti berharap. Setiap kali saya nyindir kalau ada yang membuat saya nunggu lama di twitter, itu karena saya sayang sama waktu mereka! Berharap bolehkan? Harapan saya, semoga mereka sadar, kalau nunggu dan ditungguin itu bukan suatu hal yang menyenangkan berbagai pihak. Maka, kalau mau sama-sama senang, RESPECT time! Mudahkan? Bisakan?🙂

Jadikan tepat waktu sebagai resolusi terbaik untuk setiap tahunnya ya!🙂 Saya belajar, kamu juga belajar, kita semua belajar bersama!🙂

When I give you my time, I’m giving you portion of my life I will never get back. So don’t waste it.

Tagged: ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading 5 Menit itu Berharga at Catatan Si Hijau.

meta

