#Saturday – Be The Center On The Crowd

16 November 2013 § Leave a comment

Sabtu! Waktu yang tepat buat liburan dan bermalasan. Untungnya, hari ini saya tidak menghabiskannya dengan tidur di rumah saja. Mulai dari pagi hingga malam, saya berpetualang keliling Jakarta. Saya memulainya dari sebuah Mall di bilangan Jakarta Selatan. Gandaria City! Sejak awal mal tersebut buka, saya hanya tahu mall tersebut sangatlah jauh. Ternyata, bayangan saya salah Mungkin, karena Jakarta kota yang macet, makanya saya beranggapan kalau tempat itu sangatlah jauh.

Anyaway, that’s not my point! Di sana saya pergi untuk nonton sebuah film berjudul Sokola Rimba, produksi dari Miles yang disutradai oleh Riri Reza. Film yang mengangkat tentang perjuangan seorang guru di sekolah tersebut bernama Butet Manurung, dan kecintaannya pada anak-anak di suku pedalaman yang ada di Jambi. Sederhannya, ini adalah kisah dimana ia berjuang agar anak-anak di suku tersebut bisa mendapatkan pendidikkan, setidaknya mereka bisa membaca. Mungkin, cerita dalam film ini akan lebih mengena bila membaca buku dari karangan tokoh utama itu sendiri. *sayangnya, saya belum sempat membaca, tapi saya percaya buku tersebut akan sama bagusnya dengan filmnya. Ini dia sedikit foto dari film tersebut :
maxresdefault
countersey: Youtube

Kemudian, sore hari ya,lagi-lagi saya menyempatkan diri untuk mengikuti Feast dari LOJF Indonesia. Tentu, firman hari ini yang berjudul “Winning in Every Season” sangatlah menarik. Saya kembali diingatkan kembali mengenai segala sesuatu, ada masanya.

Dari kejadian yang saya alami hari ini, ada satu hal baru yang sangat saya sadari tentang saya. Tetapi hal ini sedikit berbeda dari kejadian tersebut. Seringkali, saya suka membayangkan diri menjadi pusat perhatian. Alhasil, saya sering kecewa dan merasa sedih. Mengapa? Bukan karena saya tidak bisa menjadi pusat perhatian, namun saya sedih karena tujuan saya tersebut menjadi buruk. Padahal, sebenarnya boleh saja menjadi pusat perhatian, namun penempatan diri jugalah perlu.

Saya jadi ingat, beberapa buku tentag passion dan pekerjaan yang pernah saya baca selalu mengatakan, bekerja jangan untuk uang, nanti capek. Ya, dari kata-kata ini ada satu kesimpulan yang saya tarik. Jangan terlalu berusaha menjadi pusat perhatian. Jangan terlalu berusaha untuk menjadi orang yang “butuh dikasihi.” Lebih baik menunjukkan ketulusan ketimbang memperlihatkan kepedihan untuk menjadi pusat perhatian.

Secara sadar, saya sering memikirkan hal itu. Namun, pelajaran dari kejadian hari, dari film tersebut dan dari firman Feast, saya berhasil menarik satu kesimpulan, bahwa pusat perhatian tidaklah penting. Yang paling penting adalah KETULUSAN. Itu harga yang paling mahal. Ketika kita bisa merasakan ketulusan, maka kita bisa berbahagia. Tulus melakukan pekerjaan, tulus membantu, tulus memberi, tulus menerima, tulus menjalani hidup dan tulus-tulus lainya.

Buat apa menjadi pusat perhatian dan menyombongkan apa yang kita miliki? Tidak penting! Itu hanyalah angin lalu. ada satu Firman di Feast hari ini yang saya “stabiloin” di dalam otak saya, ” janganlah membanggakan kebarhasilan yang PERNAH kita alami, namun teruslah UPGRADE, BELAJAR dan BELAJAR untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan lebih baik.”

“Stay Foolish, Stay Hungry,” quotes dari Steve Jobs ini sangatlah fenomenal. Dan mungkin inilah yang harus kita lakukan ketimbang berfokus menjadi “pusat perhatian.”

Saya bersyukur, dari kejadian yang berbeda-beda ini, ada garis besar yang bisa saya tarik dan itu adalah hal yang menarik. Semoga dihari esok, saya tidak lagi berusaha keras menjadi pusat perhatian, namun saya bisa melakukan segala sesuatu dengan HATI TULUS! Amin.

Happy Saturday!

Tagged:

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #Saturday – Be The Center On The Crowd at Catatan Si Hijau.

meta

