#FromWorkspace -The Ideas

25 November 2013 § Leave a comment

I don’t wanna say how and i don’t wanna ask what. The thing that come out in my mind is about where their come from. Not where we can get. There are different right?

Anyway, today i ended my day with a meeting. Honestly, i didn’t really concetrate that days. But what we talked about keep play in my mind. I can’t stop thinking about the ideas.

Okay, let me talk in Indonesia.

Kebanyakan dari artikel yang saya baca isinya tentang bagaimana mendapatkan idea dan seperti apa ide yang bagus. Ya, sesekali ada artikel yang akan membahas tentang darimana ide itu datang.

Kalau boleh mengajukan pertanyaan tentang ide, ini yang akan saya tanyakan:
1. Darimana ada ide penciptaan pensil?
2. Darimana ada ide tentang lampu?
3. Darimana ada ide pembuatan kertas?
Dan sebagainya.

Inti dari pertanyaan itu sebenarnya sederhana, ada kebutuhan, ada ide. Tanpa perlu mencari-cari, kebutuhan yang tidak terpenuhi akan menciptakan ide.

Jadi, mungkin pertanyaannya saya akana berubah menjadi sepeti ini :
1. Sepatu sol saya sering rusak. setiap kali saya berjalan, sol saya akam semakin tipis. Lalu, bagaimana agar sol itu tidak tipis?
2. Mau murah atau mahal, tas saya sering jebol akibat tidak bisa menahan beban berat. Jadi, bagaimana mengakalinya agar tidak cepat rusak?
3. Saya sering mendapati rol saya terselip diantara kedua kakinya atau mudah terbang tertiup angin. Alhasil, saya jadi tidak nyaman menggunakannya. Bagaimana caranya agar lebih nyaman?
4.Dan sebagainya…

Ada ide menjawabnya? Pasti banyak! Inti dari pertanyaan ini adalah problem. Ada masalah, ada solusi. Ini masalah yang saya sering jumpai setiap harinya.Namun, yang terpenting lainnya adalah unique!

Well, ada satu iklan yang TV yang saya suka yaitu iklan Dove. Menarik, dalam iklan itu setiap wanita yang dikumpulkan diminta untuk menggambarkan diri mereka sendiri. Tentu rata-rata menjawab kekurangannya. Mulai dari saya tidak suka hidung saya atau mata saya, dsb.

Disisi lain, seorang ilustrator menggambarkan wajah mereka, sesuai dengan apa yang diceritakan para wanita itu dikertas tanpa melihat fisik mereka. Apa hasilnya? Amazing!

Satu value yang saya ambil dari iklan ini adalah bahwa terkadang kita suka melihat sisi buruknya saja. Padahal, sebenarnya kita cantik apa adanya.

Lalu, apa ide dari cerita ini? Sentuhlah hati dan emosianal wanita saat memandang dirinya. Whats the problem? seringkali wanita tidak mudah bersyukur dan menganggap dirinya jelek. As simple as like that!

Inilah yang menarik buat saya. Mengetahui darimana ide itu datang.🙂

Anyway, i feel blessed for today! GBU

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #FromWorkspace -The Ideas at Catatan Si Hijau.

meta

