#FromWorkspace -Not Confident?

11 December 2013 § Leave a comment

Minder? Saya sering mengalaminya. Saya jadi teringat, suatu hari di dalam ruang interview pemilihan ketua KMK IBII,kampus saya dulu, ada salah satu dari panitia berkata kepada saya, setelah saya menjawab petanyaannya,”kamu yakin? Kenapa kamu bilang mungkin? Berarti kamu tidak yakin dunk?”

Oh ya, itu berkesan sekali! Apa yang saya rasakan? Saya berpikir. Apakah saya yakin dengan jawaban saya? Tapi saya tidak ragu dengan jawaban saya. Hasilnya, saya mendapati bahwa lagi-lagi saya menjadi ‘krisis percaya diri’ karena saya takut.

Tentu hal ini bisa menjadi batu sandungan dalam perjalanan menembus mimpi saya. Di dalam pikiran saya, seringkali saya terobsesi dengan ‘dukungan.’

Beruntunglah, karena kejadian di ruang interview hari itu, semakin hari saya bisa memetik beberapa poin positifnya dari kata-kata teman saya itu. Tentu hal itu mengubah hidup saya sedikit demi sedikit. Apa saja itu?

1. It’s okay if you make a mistake
Menjadi penulis, itu mimpi sejak SD. Saya pernah mengikuti banyak lomba, sayang saya hanya sekali menang. Tahu apa yang membuat saya menang? Percaya diri!

Kesalahan saya sejak SD saya pelajari dan perbaiki sedikit demi sedikit. Sekarang, pikiran saya selalu berkata,”ambil tantangan itu! Percaya kamu bisa!”Kata-kata ini kayak obat yang harus saya makan setiap hari. Disaat saya melakukan kesalahan atau saya berhasil, saya tetap perlu mengucapkann ini. Mengapa? Dengan begitu alam bawah sadar saya akan mendorong saya untuk mewujudkannya.

Walaupun jawaban kita salah lagi, tidak apa-apa. Belajarlah terus dan terus. Jangan pernah menyerah!

Kalau kata kakak saya, “ya kalau dia minta 1, kasih 3. Minta 5, kasih 10. Tapi ya, tunjukkin kalau loe bener-bener bekerja keras. Buktiin kalau loe bisa! Pasti ada 1 yang benar dari banyaknya yang lu kasih.”

2. If your answer was wrong, you can looking the right answer now.

Tidak ada kata terlambat bukan? Setidaknya kamu mencoba menjawab.

Dulu saya berpikir, orang yang jawab salah itu bodoh. Ternyata saya salah. Itu tidak bodoh! Mungkin hal tersebut terjadi karena mereka memang tidak tahu jawabannya. Makanya ada orang lain yang akan mengoreksi jawaban kita.

Jadi, nggak apa-apa kalau salah. Tapi, jangan jatuh di lubang yang sama terus menerus. Itu intinya!

Kedua, jangan anggap dirimu bodoh! Ingat di poin pertama, pikiran itu apa yang kita gambarkan loh!Jadi, kalau kita menggambarkan diri kita bodoh, ya kita bodoh beneran.

Kalau kita ubah pikiran kita dengan bilang, “saya hanya belum tahu jawabannya,” pastinya kita akan lebih baik lagi dalam mencari jawabannya.

3. Don’t worry! Just do your best and God do the rest!
Klise? Tapi itu kata-kata yang paling ampuh! Yang terpenting adalah kamu sudah melakukan yang terbaik. Percaya sama diri sendiri berarti percaya juga kalu Tuhan ada dibalik usaha kamu.

Jadi, kalau kita lagi stress, khawatir, mereasa bodoh, ingat kata-kata ini.

Kalau kata renugan hari ini, “tidak ada ciptaan Tuhan yang buruk. Semuanya SESUAI GAMBARAN TUHAN.”

Nggak mau religius, cuman percayalah bahwa apa yang kamu percayai itulah yang akan menunjukkan jalan buat kamu.

4. Change your words from “Maybe” into “Yes”

Interesting right? So when people asking you why you said “maybe”, you must said to them the truth about what you feel. Don’t say maybe but say “yes, i can do.”

It’s gonna look so scary. But if you trying to the best, you will get the best also.

Keyakinan dimulai dari kata ya dan tidak. Jika kau yakin, katakan ya. Have a believe with “yes” word.

5. Have a faith!

Percaya diri dimulai dengan mempercayai perkataanmu. Pilihlah kata-kata positif agar kamu semakin berkembang.

Jadi ingat renungan hari ini, tidak ada ciptaan Tuhan yang gagal. Yang ada adalah ciptaan Tuhan yang mauh berjuang, belajar dan berkembang.

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #FromWorkspace -Not Confident? at Catatan Si Hijau.

meta

