#DearSunday- No Turning Back

15 December 2013 § Leave a comment

Saya seringkali berpikir, ketika saya sudah melewati 5 menit dalam hidup saya, maka saya tidak bisa berbalik lagi. Ya, saya tidak bisa mengulangi waktu yang sudah saya lalui tersebut. Benar?

Hal sederhana ini sebenarnya sama seperti jalan yang saya pilih saat ini. Saya memilih untuk mengenal siapa pencipta saya dan mengenal apa tujuannya Dia untuk menciptakan saya. Alhasil, Tuhan saya bagaikan magnet sekaligus alarm dalam hidup saya. Ketika saya ingin berjalan menjauhiNya, Ia malah akan terus dan terus menarik saya. Bahkan, ketika saya sedang dalam kondisi galau, Ia justru mendekati saya terus menerus.

Cara Tuhan itu unik. Ia mendekati saya melalui perkataan, quotes ataupun cerita dari orang-orang disekitar saya seperti, romo atau teman-teman saya. Dari semua kata-kata yang saya dengar, ada satu kalimat singkat yang selau saya simpan dalam perjalanan hidup saya yaitu, “jangan mundur! Maju terus!”

Dua kata ajaib ini seperti makanan yang harus saya makan setiap harinya. Mengapa? Sederhana, karena seringkali saat saya mengalami kebingungan, maka kata-kata ini selalu terdengar sangat menyemangati saya. Misalnya saja, ketika saya akan pulang dari kantor, saya selalu bingung mau pulang ke arah mana dan ketika saya sudah memilih jalan tersebut, dan ternyata salah, saya malah pengen mundur. Namun, karena saya sudah terlanjur berjalan, maka kata-kata ini akan membuat saya menjadi berani untuk maju terus.

Cerita lainnya adalah cita-cita saya sebagai penulis. Kalau ditanya sejak kapan saya mencintai dunia tulis menulis, mungkin sejak dari SD. Saya masih ingat kali pertama saya mengikuti sebuah lomba menulis.Saat itu, sebuah merek pensil ternama membuat lomba menulis dengan tema “valentine”, jika saya tidak salah ingat. Meskipun tidak menang, tapi kesan pertama itu menempel di alam sadar saya sehingga saya menjadi kesulitan menghentikan keinginan saya untuk menjadi penulis.

Ternyata, seiring perjalanan dalam hidup saya, keinginan saya pada masa kecil itu terus membuka pintu penglihatan saya tentang akan menjadi apa saya satu tahun atau tiga tahun atau mungkin lima tahun kedepan. Saya akan menjawab bahwa saya akan menjadi seorang creative writing.

Kenapa? Karena saya ingin keliling dunia bertemu dengan banyak-banyak orang, interview mereka dan membagikan pengalaman mereka dalam hidup mereka di dalam tulisan saya. Selain itu, saya akan menonton lebih banyak lagi film-film keren, lalu saya akan mencari nilai-nilai yang tersembunyi dalam film itu, dan saya akan tuangkan kedalam tulisan saya. Bahkan, saya sangat sangat ingin membaca lebih banyak lagi buku dan melihat lebih banyak lagi iklan-iklan. Saya ingin sekali mengetahui apa sih pesan yang ingin mereka sampaikan tersebut.

Namun, lagi-lagi, perjalanan yang saya lalui tidaklah mudah. Kadang saya mudah jatuh dan sulit untuk bangkit. Tetapi, ketika saya mengucapkan dua kata sederhana di atas, saya jadi lebih mudah untuk bangkit lagi. Tidak hanya itu saja, saya pun selalu mencoba menerapkan beberapa cara supaya mimpi saya bisa terus saya kejar.

1. Dare to try a new things

Kalau ditanya jenis tulisan apa yang paling saya suka, dulu saya akan menjawab ‘cerita fiksi.’ Namun, sekarang saya akan menjawab, saya suka semua jenis tulisan. Meski tulisan dengan gaya bahasa yang paling sulit sekalipun, tapi saya tidak akan takut untuk mencoba.

Memang tidak mudah untuk mencoba hal yang baru. Tapi, bukan berarti tidak BISA bukan? Everything is possible if we WANT TO TRY! Ya, saya akan terus mencoba. Meski akhirnya saya merasa ini bukan tulisan yang saya suka, tapi setidaknya saya telah mencoba. Dengan begitu, saya sudah satu langkah lebih dekat dengan mimpi saya.

2. Be careful with the thoughts

Siapa yang pernah berpikir untuk bunuh diri? Saya pernah! Tapi itu dulu. Sekarang, saya bisa lebih lebih bersyukur lagi dengan hidup saya. Namun, saya tetap perlu berhati-hati dengan pikiran saya. Saya pun masih belajar untuk mengetahui bagaimana sih caranya agar saya bisa memilah pikiran saya. Beruntung, seperti yang saya sudah ceritakan diawal, saya memiliki Tuhan. Sehingga setiap kali saya kesulitan menentukan arah, saya bisa mencariNya dan saya pasti akan mendapatkan setiap jawaban yang saya butuhkan.

3. Nothing is Impossible

Saya percaya, kalau mereka bisa sukses dan bisa meraih mimpinya, berarti saya juga bisa. Dulu, setelah lulus kerja, saya mengalami kesulitan mencari kerja. Beruntunglah, saya disiapkan untuk menjadi pribadi yang tidak mudah putus asa dan terlebih lagi menjadi pribadi yang penuh harapan. Alhasil, apa yang saya kira itu tidak mungkin, ternyata itu terjadi. Saat itu, doa saya sederhana, saya cuman mau pekerjaan yang bisa membuat saya belajar untuk menulis dengan lingkungan kantor yang seperti keluarga, santai dan tidak terlalu konvensional. Apa yang terjadi? Saya mendapatkan itu semua. Memang, bukan perjalanan yang instan. Tetapi, semua proses yang saya alami adalah worth it!

4. Lift Up Your Eyes

Saya paling suka memandang ke langit. kenapa? Karena saya tahu diatas sana ada kebesaran yang tak terhingga yang bisa saya lihat. Makanya, jujur, saya suka sekali naik pesawat. Di atas pesawat, saya bisa melihat langit biru, awan putih, bahkan hal-hal lain yang nggak bisa saya lihat di bumi. Tidak hanya itu saya, setiap kali saya ada di atas pesawat, saya selalu berasa seperti sedang mendapati ‘mimpi saya.’

Seperti lagu berjudul “i Believe I can Fly”, itulah yang saya rasakan. Makanya, saya selalu curious apa rasanya menjadi seorang pramugari yang selalu ada di atas setiap hari, bahkan bisa keliling dunia setiap hari. Ya, suatu hari, saya akan selalu berada di atas pesawat dan jalan-jalan melihat keindahan dunia sebelum saya meninggalkan dunia.

5. Think Big, Dream Big, Act Big

Ini adalah cara mudah agar kita tidak kehabisan ‘bensin’ dalam meraih mimpi. Jangan takut bermimpi karena mimpi itu gratis!

608f3e26c7aa2a380d22970630f995c5 sumber foto

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #DearSunday- No Turning Back at Catatan Si Hijau.

meta

