#FlashFiction – Washing The Lunch Box (Mencuci Kotak Makan)

17 December 2013 § Leave a comment

 Mencuci Kotak Makan

Hi Hon, bolehkah aku meminta tolong sesuatu?” kata istriku  sebelum aku berjalan ke depan pintu.

“Ya, ada apa?” jawabku tersenyum.

“ Aku hanya ingin memintamu mencuci kotak makan ini setelah kau menghabiskannya,” jawabnya sambil memberikan kotak makan itu kepadaku.

“ Mengapa kamu tidak mencucinya sendiri setelah aku pulang?”

“ Jika aku mencucinya, maka aku akan membutuhkan waktu 10 menit. Sedangkan, aku ingin menikmati 10 menit tersebut dengan suamiku tercinta. Karena kamu sendiri selalu pulang larut,” jawabnya terbata-bata.

“ Kalau begitu, cucilah keesokannya sebelum kamu memasakkan aku makanan. Dengan begitu, kita sama-sama enak bukan?” balasku lagi. “ Aku pergi dulu ya hon!” lanjutku sambil mencium keningnya dan berjalan ke mobil.

Sebelum aku menyalakan mesin mobil, Ia kembali menghampiriku dan kemudian berkata, “hon, aku minta tolong ya. Bersihkan kotak makan tersebut. Terima kasih.”

Aku hanya tersenyum dan berangkat ke kantor.

*****

Aku tidak menyangka, permintaan istriku dipagi itu adalah permintan terakhir yang tidak bisa aku penuhi. Tidak, kata-kata itu bukan yang pertama kali Ia ucapkan. Selama 10 tahun kami menikah, itulah pesannya yang selalu diucapkannya sebelum aku berangkat kerja. Bahkan, sebelum Ia menutup mata, Ia meminta itu padaku. Apa yang ingin kamu katakan padaku sayang? Tanyaku dalam hati sambil menatap jasad istriku

Mengapa kamu memintaku mencuci kotak makan itu? Bukankah aku memiliki waktu lebih dari 10 menit untuk bersamamu? Apakah ada waktu itu untuk bersamamu?

Aku pun mulai teringat, kesibukkanku di kantor, hingga aku dirumah. Selama 10 tahun, setelah aku berhasil mengejar mimpiku, Ia sangat sabar menghadapiku. Ia tidak mengeluh bahkan Ia semakin hari semakin baik kepadaku.

Maafkan aku, istriku, sahabatku,kekasihku. Seandainya waktu bisa terulang lagi.

Aku berlari memeluk anak-anakku yang menangis.

Sejak hari itu, aku mencuci sendiri kotak makanku, karena aku ingin menghabiskan waktu lebih banyak lagi bersama orang-orang yang aku kasihi sebelum semuanya terlambat lagi.

 

 

 

 tumblr_mx5mwrxays1sxuwguo1_1280

sumber foto

 

Washing The Lunch Box

 

“Hi hon, can you help me about something?” asked my wife before i walk to the door.

“ Yes, what’s wrong?” i smiled to her.

“ I just want you to wash this lunch box after you eat it,” replied her and then  she gave me that lunch box.

“ Why you don’t wash those by yourself after i came home?”

“ I need a ten minutes to wash that lunch box. But, i want to spend ten minute with my lovely husband because you always late,” she talked slowly.

“ Okay, how about this, you can wash the lunch box tomorrow before you cook my lunch. So, we have a solution right?” She looked me really strange. “ I go now hon!” i replied her and then kissed her brow before she starts talking again and walking to the car.

Before i started the car, she came to me again and said once again, “ hon, please help me. Washing the lunch box. Thank you. I love you.”

I just gave her a smiled and went to the office.

****

I never thought that was the last time my wife asked me to do a little thing that i never did.  No, it wasn’t the first time. Almost ten years we got married, she always asked me to do that before i went to work. And the last day before she left me, she asked me again. What do you want to say to me honey? I said to myself while I looked my dead wife bodies.

Why you asked me to wash the lunch box? I have more than a ten minutes everyday to spend with you, right? Did I?

I start to remember how busy I am in the office. Almost ten years, i try to reach my dream, my career and she was really supportive to me. She never complaint about me. Honestly, she try harder to make me happy. But, what i have done to her? I didn’t have a time to help her? What kind a husband i am!

I’m so so so sorry, my wife, my bestfriend, my lover. I hope i can repeat the time

I run into my childs and hug them.

Since that day, I wash my lunch box. Because my wife teaches me how to spend my time with the people I love before everything have been late again.

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #FlashFiction – Washing The Lunch Box (Mencuci Kotak Makan) at Catatan Si Hijau.

meta

