#FromWorspace- Eye Catching!

19 December 2013 § Leave a comment

Kecintaan saya sama warna hijau seringkali membuat saya lupa diri. Kadang-kadang bisa saja satu hari  saya memakai banyak barang hijau. Kalau tidak pakaian saya, mungkin sepatu atau aksesoris yang saya gunakan berwarna hijau. Alhasil, orang-orang di sekitar saya lebih mudah mengenali warna kesukaan saya.

Nggak cuman itu saja, gara-gara gaya ‘hijau’ saya yang nyentrik ini, saya jadi punya teman baru dari bus Trans Jakarta. Bagaimana ceritanya? Sekitar dua atau tiga tahun yang lalu, tepatnya saat saya pertama kali bekerja di kantoran di daerah pusat kota, bus Trans Jakarta mulai menjadi kendaraan umum favorit saya. Biasanya, setiap pagi saya akan menunggu di halte/ terminal Pulo Gadung.

Nah, saking seringnya saya menunggu bus express, yang langsung menuju ke Bundaran Senayan, tanpa membelok ke Harmoni, saya jadi mudah dikenalin sama orang-orang yang satu jurusan dengan saya. Suatu kali, bus express yang saya tunggu ini, datangnya sangat telat. Nggak heran, akhirnya kita yang biasa nunggu setengah jam menjadi satu jam lebih ini, marah-marah dan mulai protes ke petugas.

The bright side, dari situlah, saya jadi mulai berkenalan dengan beberapa pelanggan bus express lainnya. Bahkan, salah satu dari mereka justru menjadi  teman baik saya sampai sekarang. Lucunya, saat berkenalan, mba d, nama teman saya itu, mulai menceritakan kalau sebenarnya dia sering melihat saya. Malah, Ia bilang pada saya, kalau saya ini adalah patokannya. Kenapa? Ya, karena saya tubuh saya yang kecil-kecil dan saya suka memakai baju hijau, dan juga karena saya suka menunggu lebih awal (baca ceritanya disini), makanya Ia sangat ingat pada saya. Jadi, berkat kejadian itu, kita juga jadi berteman dengan yang lainnya. Rasanya seperti memiliki komunitas sendiri.

Anyway, dari kejadian ini, saya mulai menjadi sadar akan sebuah hal yaitu, tentang “Eye Catching.” Siapa sih yang nggak suka menjadi pusat perhatian? Jujur saja, saya termasuk orang yang suka. Namun, kadang-kadang saya tidak mengerti bagaimana bisa menjadi pusat perhatian. Beruntunglah, saya bisa mengalami kejadian-kejadian sederhana seperti cerita saya pun mulai mengerti.

Tanpa perlu “mencari-cari perhatian” dan menjadi orang lain, sebenarnya kita bisa menarik perhatian orang kok. Caranya? Ya, menjadi diri sendiri saja. Seperti cerita saya diatas, secara tidak sadar, karena kecintaan saya sama hijau, saya jadi lebih percaya diri  menjadi saya, dan jutru hal itu membuat saya menjadi ‘eye catching’ di depan banyak orang.

Nah, cara lainnya saya dapatkan ketika saya bekerja. Kadang, saya harus mengulang beberapa tulisan saya karena terasa masih kurang ‘eye catching.’ Beruntung, saya ini orang yang kepoh karenanya saya mulai mencari cara agar bisa terlihat ‘eye catching.’  Ini dia beberapa hal yang sering saya lakukan:

1.   Learn from the music

Masih ingat dengan lagunya Potret berjudul ‘I just Wanna Say I love you’? Ini salah satu lagu yang menurut saya sangat easy listening. Selain nadanya yang enak di dengar, lirik lagunya pun sangat pendek.

Nah, baru kemarin ini, saya pergi menonton The Hobbit : The Desolation of Smaug.  Setelah film berakhir, ada satu lagu terakhir yang langsung menarik saya. Lagi ini dinyanyikan oleh Ed Sheeran berjudul I See Fire. Baru sekali mendengar, liriknya sudah terngiang di telinga saya. Bagaimana lagu itu bisa menjadi easy listening? Menurut penelitian yang saya sendiri lakukan, pertama lagu itu nadanya gampang dinyanyiin, kedua liriknya yang sederhana, dan ketiga reffnya yang singkat, terakhir mungkin karena liriknya berirama. Jadi, cukup sekali dengar, lagu itu sudah bisa diikuti.

 

d2e5af01f74e3dc12d36c806f54d3606

source image

 2.      Learn from advertising

Saya paling ingat iklannya A Mild yang “Bukan basa basi!” dan juga taglinenya Nike yang “Just Do It!” Saya selalu bertanya-tanya bagaimana sih caranya mereka bisa menemukan tagline sesingkat dan mudah diingat ini? Ternyata jawabannya sederhana, “ Say it again and again!” kalau iramanya enak di baca dan jadi gampang diingat, maka kata-kata itu eye catching. Easy to understand and to do poitn! Ya, mungkin itulah kata kuncinya.

 

just do it

 

source image 

3.      Don’t be Lazy to Read!

Selain melakukan action, membaca juga nggak kalah pentingnya.  Di tahun ini, saya mulai mencoba membaca jenis buku yang berbeda dari buku yang biasa saya baca. Mulai dari membaca bukunya Seth Godin, Tony Hsieh, Blake Mycoskie sampai Yoris Sebastian. Awalnya, saya tidak tertarik dengan jenis buku yang mereka tulis. Namun lama kelamaan saya malah jadi suka membaca buku seperti itu.
Dan banyak hal yang bisa saya pelajari dengan membaca buku-buku ini. Salah satunya adalah saya jadi tertarik untuk belajar menulis lebih dalam lagi. Nggak cuman belajar nulis fiksi saja tetapi saya juga mau belajar menulis kreatif seperti mereka.  Dari situ pula, saya jadi mengerti bagaimana sih membuat cerita yang ‘eye catching’ meski itu hanya curhatan.

 tumblr_m4wa3d80cm1rt6yv7o1_500

image source

4.      GO to BLOGWALKING!

I LOVE THIS ACTIVITY! Sejak saya mengenal blog, saya sangat menikmati perjalanan membaca berbagai jenis blog. Mulai dari Fashion, food, travel sampai marketing. Dari kegiatan ini, saya lebih banyak belajar untuk membuat sesuatu yang ‘eye catching.’ Mungkin intinya cuman satu, don’t be selfish! Think about your reader! Ya, kadang ada blogger yang nggak mikirin pembacanya. Alhasil, tulisannya terlalu banyak curhatan ‘bodoh’ yang menyampah.

Eits, mungkin saya juga pernah melakukannya. Untungnya, saya cepat sadar! Ya, jadikan itu pelajaran. Kadang ketika sedang nulis di blog, ada saatnya kita perlu menyingkirkan keegoisan kita. Apa tujuanya? Setidaknya hal itu bisa membuat kita menulis sesuatu yang berguna.

 

So, dari semua hal yang saya tulis ini, saya semakin menyadari, tidak salah untuk menarik pehatian banyak orang. Tapi, lakukanlah dengan hal-hal yang benar dan setidaknya terpuji. Bukan mencari sensasi y! Intinya lagi, BE YOURSELF! No matter what they will talk about you, JUST BE THE BEST OF YOU! That’s it! As simple as like that! Let’s make your life more ‘EYE CATCHING’ to YOU and to THE OTHERS! J

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #FromWorspace- Eye Catching! at Catatan Si Hijau.

meta

