#Review – Photo’s Can Tell The Story!

3 January 2014 § 1 Comment

Ada satu akun Facebook Page yang belakangan ini menarik perhatian saya. Saking saya suka, saya jadi ingin menceritakannya kepada banyak orang. Soalnya, menurut saya, orang yang satu ini, he is really good, not only in the photograph but also in storytelling. Namanya Brandon Stanton, penulis dari blog ternama di New York, sekaligus Author of Humans of New York book.

Humans of New York started in 2010. The blog features street potraits of people in New York City. Most of the photos have a story behind that. That’t why i fall in love with his blog. He wrote some inspiring, curiousity, unique and adorable stories from a lot of people that he met on the street.

Dalam sebuah interview dengan media beberapa waktu yang lalu, Brandon menceritakan kisahnya dibalik HONY. Ia memulai kegiatan tersebut setelah Ia kehilangan pekerjaannya pada tahun 2010. Di tahun itulah, Ia mulai berpikir untuk menyalurkan hobinya ke dalam sebuah blog dan perjalanannya sebagai fotografer pun dimulai. Ia  mengawali hobinya dengan memotret orang-orang di jalan sekitar New Orleans, Pittsburgh, Philedelpha secara diam-diam dan memasukkannya ke dalam facebook profilenya.

Awalnya,  Brandon hanya memasukkan gambar saja, tanpa ada sebuah cerita atau tulisan apapun dibawah fotonya. Kemudian, Ia pun memulai mengembangkannya dengan memasukkan sedikit quotes sebagai caption pada fotonya. Di pertengahan tahun 2012, FB page miliknya mendapatkan respon yang sangat bagus. Akhirnya,Ia pun mulai memasukkan fotonya kedalam  Tumblr page.

Di tahun 2013, nama Brandon semakin dikenal oleh banyak orang. Pasalnya, Ia semakin melebarkan blognya tersebut dengan memasukkan sebuah cerita. Kalau dulu Ia memotret secara diam-diam, sekarang Ia mulai meminta izin dan melakukan sedikit interview kepada orang yang di fotonya. Hasil interview tersebutlah yang menjadi cerita yang menarik dari  foto-foto yang di masukkan kedalam page nya tersebut. Cara Ia menuliskan kisahnya tersebut pun seakan menghanyutkan kita pada sebuah  ‘flash fiction’ yang menarik. Namun, 80 % cerita yang dibuatnya adalah cerita yang nyata, yang tidak dibuat-buat. Cool right?

Tidak heran, Ia pun berhasil mendapatkan beberapa penghargaan di bidang fotografi. Sebut saja mulai dari People‘s Voice Award in Best Use in Photography category hingga Ia ditempatkan sebagai salah satu dari 30 orang berpengaruh yang mengubah dunia versi majalah Time. Bahkan, buku hasil karyanya, yang memiliki judul yang sama dengan blognya tersebut, pun berhasil mencatat review yang sangat bagus dan menduduki urutan nomor satu  The New York Times Non-Fiction Best Sellers of 2013.

Amazing right? So, if you wanna know more about him, just like his Facebook Page and you will found many interesting story in there. Here is my favorite story:

HONY

Saya yakin, pekerjaan Brandon saat ini sangatlah menyenangkan. Bertemu dengan orang baru, mendengarkan banyak cerita dari orang yang berbeda-beda, setiap harinya, tentu akan memberikan pengalaman tersendiri baginya.  Jujur saja, saya pun, sebagai pembaca setianya, sering mendapatkan inspirasi dari cerita-ceritannya tersebut. Mulai dari cerita tentang sepasang suami istri yang sudah menikah puluhan tahun, cerita seorang mahasiswa yang lagi ujian, cerita aksesoris unik dari seorang pria, cerita sepasang kekasih, cerita pengemis yang hidup di sana, dan banyak lagi.

So, you should try to read this everyday. Who knows you will find an amazing life story in there. And maybe, someday you will think like this, “well, i’m not really alone! Now, i can realize why i’m not alone!” (or just me!)

My rating for thisis 9/10.  It means, this is recommended to read!

§ One Response to #Review – Photo’s Can Tell The Story!

  • dianjohan says:

    Gue ngikutin Instagram nya, dan emang seneng banget ya lihat dia nulis caption photo nya🙂 Mana lah juga kita tahu itu bener apa enggak tapi ya cocok sih sama photo nya, dan entah kenapa, semua tulisannya gak ada yang bikin orang tersinggung …

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading #Review – Photo’s Can Tell The Story! at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: