#MorningThoughts- Are you afraid of life?

16 October 2015 § Leave a comment

Yesterday, i spend my time to think about this question. And of course, i’m tired of being afraid!

Pastinya, semua orang itu pernah berada pada satu titik dimana tiba-tiba ketakutan itu datang, bagaikan hantu yang menghampiri secara diam-diam. Saya pun pernah mengalaminya dan hal itu tidak hanya sekali, tapi hampir setiap hari.

Dulu, saya adalah orang yang paling takut sama yang namanya hantu. Namun, suatu hari saya menyadari, meski sampai sekarang saya belum berani nonton film horror, sebenarnya hal yang paling saya takut dalam hidup itu bukan hantu dari jiwa orang lain tetapi hantu diri saya sendiri.

Yes, hantu diri saya sendiri. Ia sering datang menghampiri saya, dan membisikan seribu kalimat ketakutan yang harus saya dengar setiap harinya. Mulai dari pagi hari, sampai saya mau tidur, dia nggak akan berhenti membisiki saya dengan segala ketakutan itu. Hingga akhirnya saya pun mulai takut dengan berbagai macam hal, yang kadang saya sadari dan terkadang nggak pernah saya mengerti.

Kemarin, adalah saat yang membuat saya cukup takut. Saya melihat mimpi saya, tergambar dengan sangat jelas. Pikiran saya pun mulai menjadi positif, kalau saya bisa mencapai mimpi saya itu, anak tangga yang paling tinggi itu. Tapi, si hantu saya ini nggak senang dengan apa yang saya pikirkan. Akhirnya, ia datang dan mengacaukan semuanya. Saya pun mulai goyah, pikiran saya mulai dipenuhi dengan keraguan. Ketakutan ini, terkadang lebih kuat, daripada ketakutan yang saya alami ketika saya berkendaraan umum ataupun bertemu orang yang tampangnya menyeramkan.

Lalu, apakah saya menyerah? Beruntung, saya nggak bisa menyerah. Ya, hantu diri saya sendiri itu, sebenaranya tidak jahat kok. Justru, dia lah yang menyadarkan saya tentang apa yang paling saya takuti dalam hidup ini.

Saya, cuman takut sama diri saya sendiri. Saya takut, diri saya berubah terlalu ekstrim, hingga melupakan semua yang saya punya dan sudah saya peroleh. Terlebih lagi, hal yang paling saya takutkan dalam diri saya sendiri ini adalah saya meninggalkan keyakinan saya dan iman saya goyah hingga saya berpaling dari Tuhan, Bapa saya, yang telah menciptakan saya di dunia ini.

Untuk itulah, saya menyadari, bahwa saya hidup bukan karena agama saya, tapi saya hidup karena saya punya kekuatan yang membuat saya yakin bahwa saya berharga. Ia adalah Tuhan saya, bukan agama saya. Agama saya, hanya lah pegangan yang membuat saya selalu teringat sama Tuhan saya yang mengajarkan kebaikan di dalam dunia ini.

Dan ya, terkadang saya juga takut dengan agama saya tersebut. Saya takut, justru karena agama, saya malah jadi kehilangan arah dan termakan sama omongan hantu diri saya, hingga saya menjadi egois dan merendahkan orang lain.

Tapi, balik lagi, ini lah dunia yang penuh ketakutan. Tempat dimana kita harus terus belajar melihat hidup, mengembangkannya dan terus belajar untuk saling menghargai orang-orang di sekitar kita.

Dalam ketakutan saya kemarin, ada satu kalimat yang cukup menyentuh saya, dan memberikan kekuatan.

” Kalau kita nggak pernah takut, berarti kita nggak hidup.”

So, it’s okay to be afraid as long you know how to control it. Jadikan ketakutan itu kekuatan atau tali yang akan membawa kita ke tangga berikutnya. 

*renungan pagi ini tentang ketakutan dan ingatlah ada 365 kata “jangan takut” dalam alkitab, yang bisa jadi kekuatan buat kita disaat kita takut.🙂 Have a nice Friday..

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading #MorningThoughts- Are you afraid of life? at Catatan Si Hijau.

meta

