Your Job, Your School!

10 October 2016 § Leave a comment

Pernah nggak berpikir kalau sebenarnya ujian itu nggak pernah berhenti? Ujian dalam arti ulangan di sekolah itu, terus berlangsung sepanjang kita hidup. Ya, memang bukan ujian dalam arti menjawab setiap pertanyaan dari soal yang dibuat guru, atau menghafal sejarah berhari-hari demi lulus sekolah.

Tetapi, ujian yang lebih luas dan general. Ujian kehidupan. Ujian dalam pekerjaan. Ujian dalam percintaan. Ujian persahabatan. Ujian kedewasaan. Ujian keuangan. Ujian dalam doa. Ujian dalam perjalanan. Dan banyak lagi ujian lainnya, selama kita bernafas.

Namun, yang sekarang ingin saya bahas disini adalah ujian pekerjaan. Ada hal yang baru saya sadari belakangan ini, tentang memaknai pekerjaan yang kita lakukan. Saya termasuk orang yang paling percaya, your passion is your career. Tapi, saya juga percaya your career is your journey. Nggak gampang nemuin passion dan nggak mudah menjalani perjalanan karir itu.

Hal yang paling saya sadari sekarang adalah ujian dalam pekerjaan. Saya bekerja di startup, sudah hampir 5 tahun. Selama 5 tahun, saya mengurusi 4 startup di bidang yang berbeda-beda. Saya mengawali dari startup berbasis on demand publishing, lalu saya mencoba mencari karir menjadi marketing di salah satu startup yang menjual voucher diskon.Dan saat ini, saya berada di startup dalam bidang akomodasi.

Saat ini, saya berada di karir yang saya mau. Menjadi seorang content creative. Apakah ini mudah? Tidak ada yang mudah kalau kita berbicara mengenai pekerjaan. Meskipun itu adalah passion saya, bukan berarti kemudahan itu akan ada seperti membalikkan telapak tangan. Bullshit kalau ada yang bilang, “kan itu passion lu, harusnya lu nggak perlu stress lagi!”

Betul, itu passion saya. Tapi, kalau dibilang nggak perlu stress lagi itu ibarat kayak nonton fairytale! Which is, selalu berakhir dengan ciuman antara si pangeran dan si putri. Padahal, kenyataannya nggak seperti itu.

Anyway, sekarang saya menyadari kalau saya sedang berada dalam sebuah UJIAN terberat dalam karir saya. Apakah saya bisa mengatasinya? Saya yakin, semua orang bisa lulus dalam ujian apapun yang dilakukan. Pastinya, bukan dengan tidur ataupun dengan bermimpi kosong.

Tetapi, “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”

Hal paling beruntung dalam perjalanan karir saya adalah, saya menemukan orang-orang yang mempercayai kemampuan saya dalam bidang yang saya suka ini. Dan mungkin, itu bekal terbaik yang boleh saya miliki.

Apakah saya sudah sukses? Saya masih dalam tahap ujian tersebut. Setiap hari saya bekerja, saya seperti sedang sekolah. Di dalam sekolah, saya diajarkan untuk menjadi lebih baik dan berkembang menjadi pintar. Sama seperti dalam pekerjaan yang saya tekuni, saya diajarkan untuk dewasa dalam mengatasi masalah.

Dan mungkin ini masalah saya. Bagaimana saya bisa membuat content yang hebat? Bagaimana saya bisa meningkatkan penjualan? Bagaimana saya bisa membuat stratup saya berhasil dan sukses?

Jawabannya, mungkin sederhana, sekarang adalah saatnya mengembangkan apa yang saya punya. Tidak mudah, tetapi saya punya kekuatan untuk membuatnya “terlihat mudah” bagi orang lain.

Stop complaining, start doing something!🙂

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Your Job, Your School! at Catatan Si Hijau.

meta

%d bloggers like this: