You will never know what is a mistake!

20 February 2017 § 1 Comment

if you never make a mistake.

Siapa yang suka sama kesalahan? Tapi, dalam hidup ini, nggak ada satu waktu yang bisa dilalui, murni tanpa kesalahan.

Ketika kita menuju suatu tempat baru, perjalanan kita pun pasti akan dipenuhi kesalahan. Sederhana, salah jalan, salah membaca petunjuk jalan dan lainnya. Walau pun banyak kesalahan yang dilalui, tentunya kita akan selalu bisa sampai ke tujuan.

Saya pun sering mengalami kesalahan dalam melakukan perjalanan besama sahabat saya ataupun kekasih saya. Pernah suatu saat, ketika saya dan dia melakukan perjalanan di Eropa, tepatnya kita naik kerata dari Heildeberg menuju Berlin, dia melakukan kesalahan kecil namun cukup fatal. Kita pun ketinggalan kereta.

Apakah saya marah? Saat itu, saya mungkin kesal, namun saya berpikir tidak penting kalau saya marah dan menyalahkan dia. Karena saya lebih percaya pada, “kesalahan terjadi untuk membuat kita menjadi lebih baik dan selalu ada jalan yang terbaik.” That’s it! Jalan terbaik pun kami dapatkan. Meskipun, kami harus menunda perjalanan menuju Polandia, tapi kami tetap bisa menikmati sisa liburan kami di Eropa.

Kesalahan kecil ataupun besar, memang akan sering terjadi. Namun, yang perlu kita lakukan adalah bagaimana memperbaikinya dan tidak membiarkan kesalahan yang sama terus terjadi.

Jujur, saya termasuk orang yang takut salah. Namun, saya terus melawan rasa takut salah itu dengan mempercayai bahwa semua yang terjadi di dalam dunia ini selalu mengandung hal positif. Jadi, kalaupun saya salah, saya bisa melihat hal positif dari kesalahan itu.

Kalau dalam ilmu bisnis or marketing, kita pasti mengenal namanya SWOT ( strenght, Weakness, Opportunity and Threats). Kalau kita menerapkan dalam hidup kita, maka kita pun bisa lebih santai menjalani hidup. Ya, memang tidak semudah menulis, tetapi kita perlu terus belajar dan nggak boleh lelah belajar.

Banyak hal yang saya pelajari dalam hidup saya, baik yang benar maupun yang salah. Waktu yang berlalu, membuat saya terus menyadari bahwa sebesar apapun hal yang kita lakukan, se-sempurna apapun hal itu, yang namanya salah itu tidak bisa dihindari. Tetapi, kita selalu bisa menemukan SOLUSI untuk membuat kesalahan itu menjadi kekuatan dan kesempatan buat kita untuk bertumbuh.

Karena dunia ini tidak sempurna, dan kita hanya perlu menikmati ketidaksempurnaan itu.

 

§ One Response to You will never know what is a mistake!

  • Aiko says:

    Betul banget mba, dengan adanya kesalahan itulah memberikan kita peluang untuk belajar, menambah pengalaman dan jadi lebih baik dari kemarin 😀

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading You will never know what is a mistake! at Catatan Si Hijau.

meta

